Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Seperti Mobil

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Seperti Mobil  –  Sahabat duniamotor.net Jika brother suka touring keluar daerah, pastinya brother semua memerlukan lampu motor yang terang dan terutama pada malam hari karena Lampu penerangan merupakan hal paling pokok saat berkendaraan terutama pada malam hari atau cuaca sedang mendung. Nah untuk itu kami akan berbagi cara membuat lampu motor lebih terang.
 Lampu Motor Lebih Terang
Dalam memodifikasi lampu motor supaya terang kali ini bisa di terapkan ke motor dengan kelistrikan ac maupun dc dan berikut ini cara membuat lampu motor terang dengan resistor. Selain langkah yang akan kita bagikan pada kali ini sebenarnya masih banyak cara membuat lampu motor lebih terang yang lain seperti membuat boster lampu motor, membuat lampu motor terang dengan dioda, dan yang paling umum adalah membuat lampu motor lebih terang dengan relay.

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Banyak harga lampu motor dipasaran mulai dari yang termurah puluhan ribu sampai yang jutaan rupiah, namun pada kali ini akan di bagikan cara membuat lampu motor menjadi terang seperti lampu LED yang harganya mencapai jutaan rupiah. Lantas bagaimana cara modifikasi lampu agar lebih terang ? mari kita bahas lebih lanjut.

Kita sering mendengar orang orang menyebutkan kiprok, sebenarnya apa fungsi kiprok sebenarnya. Untuk lebih jelas nya di bahas pada halaman lain yang membahas kiprok dan juga jenis jenisnya serta daftar harganya,

Oke langsung saja bagaimana cara membuat lampu motor lebih terang dengan modal yang tidak terlalu banyak ? simak penjelasan di bawah ini dengan baik baik.

Motor yang akan di modifikasi lampunya supaya lebih terang pada kali ini adalah motor Yamaha Jupiter MX

Tahapan Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Potong kabel berwarna kuning belang merah yang menuju ke arah Kiprok, lebih jelasnya lihat pada gambar berikut.

Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Lalu pasangkan resistor, ada banyak sekali jenis jenis resistor dan fungsinya dapat di fungsikan ke dalam metode ini.banyak jenis resistor dijual di pasaran namun yang kita gunakan adalah resistor berukuran 820 ohm 1 watt, resistor tersebut di sambungkan ke kabel yang sudah di potong tadi kemudian jangan lupa membungkusnya dengan isolasi agar kabel tersebut tidak menimbulkan percikan saat menempal ke massa,karena kabel tersebut mengandung muatan listrik.

Membuat Lampu Motor Lebih Terang

supaya resistor gampang dibongkar pasang dan juda untuk keamanan maka gunakan tutup atau safety box seperti tempat sekering plastik, lebih jelasnya lihat pada gambar diatas, untuk mempermudah cara ini tambahkan kabel kurang lebih 30 cm pada kabel bodi aslinya yang akan di pasangkan resitor.


Catatan : dalam setiap penyambungan kabel bodi usahakan selalu menggunakan kabel yang berwarna sama agar nantinya mudah untuk melakukan cheking kabel saat service. 
Letakan dimana saja sesuka anda, namun alangkah baiknya di letakan pada tempat yang mudah di jangkau bila terjadi kerusakan, dan pada tips and trik kali ini di letakkan di atas tangki.

Membuat Lampu Motor Lebih Terang Seperti Mobil
 
Pada percobaan pertama saya menggunakan resistor variable untuk adjustment yang sesuai dengan cahaya lampu yang diinginkan, ukur tegangan yang masuk ke lampu dan ingat jangan sampai melebihi toleransi dari lampu tersebut, max 16-18 volt untuk lampu OSRAM dan untuk lampu Wurth bisa lebih mencapai 30Volt, gunakan reflector yang asli bawaan dealer agar lebih awet dan tidak meleleh nantinya apabila terjadi panas yang berlebih pada pencahayaan lampu motor.

Kemudian ukur kembali potensi menggunakan multimeter atau tester, untuk yang belum paham cara membaca multimeter bisa belajar sebentar pada pembahasan cara menggunakan multimeter

Fungsi menggunakan multimeter adalah guna mengetahui angka resistansi yang sesuai, dan didapatlah kurang lebih 800 ohm, anda bisa saja menggunakan resistor 330, 470, 500, dan yang lebih besar lagi ukurannya bisa sampai 1K untuk percobaan karena setiap jenis dan merek motor memang berbeda. Namun perlu diperhatikan menggunakan resistor diatas 1K, lampu anda bisa langsung putus karena terlalu terang.Artikel Pilihan Pembaca :

Kesimpulan cara membuat lampu motor lebih terang

Kenapa lampu bisa putus langsung apabila menggunakan resistor di atas 1K? pelajari di sini Penyebab Lampu Putus

Di toko toko banyak ditemui boster lampu, bahkan kiprok khusus yang membuat lampu 2 kali lebih terang namun harganya mencapai ratusan ribu, secara teori tidak berbeda dengan apa yang saya terangkan panjang kali lebar di atas. Karena sama-sama menaikan arus dan tegangan sesuai batasan yang diijinkan oleh pak kiprok, dengan cara ini anda bisa membuat lampu 2,3,4 kali lebih terang, konsekuensinya umur lampu akan lebih pendek jika kita menggunakan ukuran resitor yang melebihi kapasitas dari kiprok dan lampu yang akan di naikkan levelnya, maka dari itu telitilah sebelum bertindak agar hasil yang di dapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Oke sobat otomotif semua sekian dulu perjumpaan kita pada tema pembahasan ” cara mudah membuat lampu motor lebih terang seperti mobil ” semoga apa yang sudah di jelaskan di atas dapat membantu dan juga bermanfaat bagi sahabat otomotif semua.terimakasih dan salam otomotif.

Bagikan