Cara Mudah Merubah Kelistrikan Motor AC Menjadi DC

Cara Mudah Merubah Kelistrikan Motor AC Menjadi DC |Sobat duniamotro.net pengapian atau juga kelistrikan sebuah sepeda motor adalah hal yang paling penting pada sepeda motor.

merubah kelistrikan motor
kelistrikan motor

hallo sahabat otomotif,kelistrikan atau juga banyak orang menyebutnya pengapian pada sepeda motor merupakan hal yang paling pokok yang harus dan kudu wajib di ketahui oleh semua sahabat otomotif.

nah untuk kali ini akan di bahas mengenai cara merubah kelistrikan pada sebuah sepeda motor.di sini akan di bahas secara ekslusif cara merubah kelistrikan AC menjadi kelistrikan DC.

untuk sahabat otomotif yang sangat hobi otak atik motor ga harus semua urusan sepeda motor anda di bawa kebengkel,semua itu bisa sahabat sendiri kerjakan di rumah.betul.

tapi untuk sahabat otomotif yang mempunyai aktivitas sangat sibuk bagaimana ? untuk yang satu ini sabahat sendirilah yang bisa menjawab.karena tips and trik yang kali ini akan di bagikan khusus untuk sahabat yang hobi otak atik sepeda moor.

langsung saja kita mulai,let’s go…..!!!

hal pertama yang wajib di ketahui dalam rangka merubah tipe kelistrikan oleh sahabat otomotif semua adalah

karena sebelum melakukan perombakan tipe kelistrikan sepeda motor harus di tentukan dulu tipe kelistrikan mana yang paling sesuai dan juga paling di minati sebelum semua nya di oprak aprik.

karena dalam merubah tipe kelistrikan sepeda motor tentunya banyak hal yang akan di rombak.namun tenang sahabat,di rombak disini bukan berarti mengganti keseluruhan,masih banyak komponen asli yang da perlu diganti kok.

tapi untuk sahabat otomotif yang suka otak atik mesin si ini merupakan tantangan tersendiri untuk dapat di selesaikan tanpa harus khawatir gagal,karena kegagalan adalah awal dari kerusakan.eeehh bukan bukan,awal dari keberhasilan.

pada kebanyak orang banyak yang merubah kelistrikan motor AC menjadai DC bukan merubah kelistrikan DC menjadi AC.kenapa ? berikut pemaparannya.

tipe kelistrikan DC.

kelebihan kelistrikan DC.

merupakan tipe kelistrikan searah yang bersumber dari baterai atau aki sehingga muatan listrik yang dihasilkan lebih stabil.
saat putaran mesin bawah arus listrik yang keluarkan tetap sama saat putaran atas
penggunaan spull motor lebih awet karena bahan kawat email yang di pergunakan lebih besar bila dibandingkan dengan spull CDI sehingga hambatan yang di hasilkan semakin kecil.

kelemahan kelistrikan AC

  • karena dari tipenya saja sudah AC maka tentunya arus listrik yang dihasilkan tentu tidak stabil karena bertipe bolak balik
  • motor jadi bekerja lebih ekstra untuk menghasilkan atau memenuhi kebutuhan listrik sepeda motor.
  • penggunaan kawat email pada gulungan spull menggunakan kawat email berukuran kecil sehingga spull sepeda motor AC jadi lebih mudah terbakar akibat dari panas yang berlebih kalupun tidak terbakar,spull menjadi sering lemah sehingga arus listrinya yang dihasilkan menjadi kecil dan motor menjadi susah untuk di hidupkan.
  • arus listrik yang di hasilkan tergantung pada putaran mesin,apabila motor berada pada butaran bawah maka listrik yang dihasilkan pun semakin kecil dan juga sebaliknya,apabila mesin sepeda motor berada pada putaran atas maka arus listrik yang dihasilkan pun akan besar.

namun kenapa kok ada yang ingin merubah kelistrikan DC ke AC ? berikut pemaparannya :

kelemahan kelistrikan DC

  • merupakan tipe kelistrikan yang sangat sensitif karena sumber arus adalah aki.
  • jika AKI mengalami kerusakan maka bepeluang besar akan rusaknya CDI.
  • dan apabila aki tidak rusak namun tidak mampu mengalirkan arus stabil atau normal sebesar 12 volt maka kinerja komponen tidak maksimal seperti halnya CDI motor akan mengalami kepincangan.
  • apabila CDI sudah rusak maka harus segera diganti,dan juga mengganti akinya karena sumber utama kelistrikan disini adalah aki.
  • biaya untuk membeli aki dan CDI memang terbilang cukup mahal,untuk CDI nya sendiri kalau beli yang kualitas menengah saja sudah lumayan mahal belum lagi untuk membeli aki.

Baca Juga :  Cara Mudah Merubah Kelistrikan Motor AC Menjadi DC
Cara Menggulung Spul Lampu Dan CDI Motor”]

kelebihan kelistrikan AC

  • merupakan tipe kelistrikan yang menghasilkan listrik langsung dari spull
  • mempunyai spull CDI tersendiri guna menyuplai listrik ke CDI.
  • kelistrikan tidak semua tergantung ke aki.seperti halnya cdi.
  • apabila CDI mengalami kerusakan harga ditoko pun sangat murah,bahkan hampir di semua toko sepeda motor baik yang besar maupun kecil menyediakan CDI motor AC.

nah dari sini sahabat bisa menentukan tipe kelistrikan yang paling sesuai dengan sahabat semua.

yuk kita bahas secara detail mengenai “cara merubah kelistrikan motor dc menjadi ac”

sebelum malakukan perombakan siapkan alat alat berikut.

1.multimeter
2.isolasi yang daya rekatnya kuat
3.gunting
4.kabel bodi.
5.kiprok DC.

langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.copot kabel warna hitam pada soket spull.

2.lalu di lilit dengan isolasi untuk tidak di fungsikan.

3.kabeer berwarna kuning yang menuju kiprok juga di lepas untuk di matikan.

4.terminal bekas kabel hitam di songket yang dari sepul di sambung ke kebel baru menuju bekas terminal kabel kuning pada soket menuju kiprok.

5.setelah itu tinggal pasang kiprok DC yang soketnya sudah di modif yang menyesuaikan dengan motor di indonesia.disini menggunakan kiprok import,kalaupun merakit bisa di lakukan dengan sendiri .

6.setelah terpasang maka ubah jalur kabell lampu depan pada soketnya ,biasanya berada pada batok lampu,temukan kabel warna kuning lalu jamper ke kunci kontak sambungkan dengan kabel berwarna coklat pada kunci kontak,jangan lupa menambahkan kabel pada penjamperan ini.

7.BEREESS.

sekarang tinggal pengetesan,

Output arus listrik setelah menggunakan kiprok DC

Sekarang ukur input yang dihasilkan kiprok DC tersebut menggunakan multimeter,untuk yang belum bisa mengoperasikan multimeter,silakan simak”cara menggunakan multimeter “.

arus yang terukur pada putaran bawah adalah 6,86 A . Artinya, lebih besar 3,642 A dari kiprok standar.

nah bagaimana sobat mudah bukan?.

tentunya sahabat semua tidak sabar ingin menerapkan metode diatas,tentunya metode diatas banyak sekali fungsinya,terutama pada kelistrikan sepeda motor,selain iyu juga pengaplikasian lampu untuk jenis lampu HID ataupun lampu jenis lain yang mempunyai pencahayaan baik namun listrik yang di butuhkan besar jadi semakin maksimal dalam pengoperasiannya tanpa khawatir aki cepat tekor.

oke..demikian dulu perjumpaan kita pada tema pembahasan “cara mudah merubah kelistrikan motor AC menjadi DC” semoga apa yang di jelaskan di tas dapat membantu dan juga mengispirasi sahabat semua.sekian dan terimakasih salam otomotif.

Biar Fress Liat Foto motor Modifikasi Aja dulu Sob.!

Bagikan

Related Posts

Leave a Reply

*