Fungsi Laher As Kruk Atau Bearing Crankshaft

Fungsi Laher As Kruk Atau Bearing Crankshaft – Sobat duniamotor.net kali ini kita akan membahas bearing/laher as kruk yang merupakan salah satu komponen yang melekat pada as kruk itu sendiri.

Baering Crank Shaft atau Laher As Kruk

Bearing crank shaft atau sering disebut dengan klaher as kruk adalah salah satu komponen dalam sepeda motor yang letaknya di tengah bagian crankcase mesin sepeda motor.

Fungsi dari bearing crang shaft sendiri adalah memperingan putaran dari poros engkol/as kruk dan juga mencegah ke aus an pada as kruk sehingga usia/keawetan dari as kruk semakin lama.

Baca Juga :  Modifikasi Mesin Motor Double Silinder Berbagai Tipe

Masalah yang sering di timbulkan apabila klaher as kruk sudah oblak/rusak

1. Rusaknya silinder linear(buring) blok.
2. Pin batang torak pada bagian big end dan small end bisa mengunci.
3. Performa mesin menurun.
4. Mesin bisa ber asap.

Kesemua masalah di atas terjadi akibat putaran dari as kruk tidak stabil.kenapa putaran as krk tidak stabil?,ya karena bearing/laher as kruk itu sendiri sudah oblak/rusak.

Putaran yang dihasilkan as kruk akan maksimal apabila bearing as kruk dalam kondisi yang baik.contoh putaran yang dihasilkan as kruk apabila kondisi bearing dalam keadaan yang baik.

Baering Crank Shaft atau Laher As Kruk
contoh putaran as kruk

link back : Modifikasi mesin motor double cylinder

Ok, sekian dulu perjumpaan kita pada tema pembahasan ” fungsi baering crank shaft/laher as kruk” semoga bermanfaat.terimakasih dan salam otomotif.
 
Bagikan