mempelajari fungsi kiprok motor

mempelajari fungsi kiprok motor|untuk para master otomotif istilah kiprok dan juga fungsinya nampaknya sudah ada di luar kepala.nah untuk yang belum tahu segala sesuatu tentang kiprok simak penjelasan berikut ini.

fungsi kiprok motor
mempelajari fungsi kiprok motor.

sekarang masuk pembahasan mengenai kiprok,yap kiprok adalah salah satu komponen terpenting di dalam sistem pengapian sepeda motor baik itu untuk sepeda motor bertipe pengapian DC maupun AC.baik untuk pengisian atau regulasi maupun untuk penyetabil.

lalu apa jadinya kalau sebuah sepeda motor tidak terpasang kiprok,tentunya banyak komponen dari sepeda motor yang akan mengalami ketidak fungsian.dan sepeda motor menjadi tidak nyaman dan tidak aman untuk di kendarai.

untuk para pemula maupun yang sudah pakar di bidang otomotif kali ini akan membahas secara terperinci mengenai salah satu komponen sepeda motor yaitu kiprok.langsung saja kita bahas.

Kiprok dalak bahasa elektro dikenal dengan sebutan Rectifier (penyearah), konsep dasarnya sederhana, yaitu rangkaian dioda sebagai penyearah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Dan juga kiprok juga berisi Regulator yang berfungsi meregulasi batasan tegangan keluar yang diijinkan motor tersebut.

Regulator dengan IC LM2576 yang berfungsi mengatur tegangan keluar untuk pengisian (Charger) Aki serta membuangnya ke Ground/ Massa ketika proses Charger Aki telah full.


Ada 2 tipe kelistrikan pada motor :

fungsi kiprok


  • Halfwave, keluaran dari spul motor biasanya memiliki 3 kabel, yang berfungsi sebagai sumber lampu utama, dan sebagai tegangan charger aki secara terpisah antara keduanya. ciri-cirinya lampu depan/utama masih mengikuti putaran rpm mesin. (contoh Jupiter mx, z, Honda Astrea, Suzuki shogun dll)
fungsi kiprok



  • Fullwave/Full DC, keluaran dari spul motor biasanya memiliki 2 kabel, arus listrik yang dihasilkan cukup       besar untuk men-charger accu, sehingga semua kelistrikan motor diambil dari Aki/ accu,  ciri-cirinya Lampu utama bisa On tanpa mesin dihidupkan. (contoh Honda Tiger, Yamaha Vixion, Suzuki Thunder) 

nah bagaimana sekarang,sudah jelas penjelasan mengenai fungsi dan juga jenis jenisnya ?.kalau belum coba di baca kembali dengan konsentrasi yang lebih tinggi agar peham benar mengenai fungsi kiprok motor.

setelah memahami dengan jelas sekarang sahabat semua bisa melakukan modifikasi kiprok sahabat sendiri sendiri.

oke sekian dulu perjumpaan kita dalam topik pembahasan “mempelajari fungsi kiprok motor ” semoga apa yang di jelaskan di atas mampu memberikan manfaat dan juga membantu sahabat semua.terimkasih dan salam otomotif.

Bagikan