sistem kelistrikan DC pada motor

kelistrikan dc motor|sebuah sepeda motor pasti menganut salah satu tipe sepeda motor.ada yang menggunakan sistem kelistrikan DC dan ada yang menggunakan sistem kelistrikan AC.

kelistrikan DC motor
SISTEM KELISTRIKAN DC MOTOR


sistem kelistrikan DC

apa itu yang dimaksud dengan sistem kelistrikan DC ?,yang di makasud kelistrikan DC adalah salah satu jenis atau tipe kelistrikan yang menghantarkan arus dengan jalur searah,artinya arus listrik bersumber dari satu sumber dan tidak bisa kembali lagi kesumbernya.

ciri ciri dari kelistrikan tipe ini adalah arus yang di hasilkan cenderung sangat stabil sehingga tidak perduli pada saat mesin berada pada putaran bawah ataupun saat putaran atas karena sumber arus pemasok listrik pada motor yang menggunakan tipe kelistrikan DC adalah aki.yang tercarger langsung dari spull menggunakan kiprok.

pada setiap produkan pastinya ada kelebihan dan juga kelemahannya.tak terkecuali pada sistem kelistrikan DC ini.apa saja kelebihan dan juga kekurangan yang dimilki tipe kelistrikan satu ini.mari kita bahas.

kelebihan kelistrikan DC.

  • merupakan tipe kelistrikan searah yang bersumber dari baterai atau aki sehingga muatan listrik yang dihasilkan lebih stabil. 
  • saat putaran mesin bawah arus listrik yang keluarkan tetap sama saat putaran atas 
  • penggunaan spull motor lebih awet karena bahan kawat email yang di pergunakan lebih besar bila dibandingkan dengan spull CDI sehingga hambatan yang di hasilkan semakin kecil.
kelemahan kelistrikan DC

  • merupakan tipe kelistrikan yang sangat sensitif karena sumber arus adalah aki. 
  • jika AKI mengalami kerusakan maka bepeluang besar akan rusaknya CDI. 
  • dan apabila aki tidak rusak namun tidak mampu mengalirkan arus stabil atau normal sebesar 12 volt maka kinerja komponen tidak maksimal seperti halnya CDI motor akan mengalami kepincangan. 
  • apabila CDI sudah rusak maka harus segera diganti,dan juga mengganti akinya karena sumber utama kelistrikan disini adalah aki. 
  • biaya untuk membeli aki dan CDI memang terbilang cukup mahal,untuk CDI nya sendiri kalau beli yang kualitas menengah saja sudah lumayan mahal belum lagi untuk membeli aki.
sebenarnya semua tipe kelistrikan sepeda motor memang disesuaikan dengan selera masing masing pengguna,ada yang lebih suka menggunkan tipe kelistrikan AC dan juga ada yang lebih suka menggunakan tipe kelistrikan DC.berbagai alasan menjadi penyebab terjadinya perbedaan pilihan ini,namun pada hasil akhirnya sama yaitu semua kelistrikan pada intinya adalah untuk menyuplai listrik ke cdi yang di teruskan ke kiprok dan berhenti di busi lalu membakar bahan bakar yang di suplai dari karburator.

masalah teknis lain yang mewarnai sistem kelistrikan DC merupakan hal biasa yang terjadi pada semua tipe produk,tapi secara garis besar pengapian DC memang lebih besar arus listrik yang keluar dan stabil dan juga keunggulan lain yang di miliki adalah tipe CDI yang di pakai nya tidak memiliki limit atas.

oke,bagaimana sobat sudah jelaskan masalah pengapian DC ? kalau belum jelas silakan di baca ulang dengan baik agar lebih memahami dengan baik
link back :cara mudah merubah kelistrikan motor AC menjadi DC

sekian dulu perjumpaan kita pada tema “sistem kelistrikan DC pada motor”semoga apa yang di sampaikan di atas dapat membantu dan juga menginspirasi sahabat semua.terimakasih sudah membaca tulisan ini dan salam otomotif.

tag : #cara merubah arus ac ke dc pada sepeda motor #jenis motor pengapian dc #perbedaan kiprok ac dan dc #motor yang menggunakan pengapian dc #cara membedakan pengapian ac dan dc pada sepeda motor #motor yang menggunakan arus dc #kelebihan dan kekurangan arus ac dan dc pada motor #perbedaan pengapian ac dan dc pada motor

Bagikan