Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder

Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder
Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder

Modifikasi Mesin Motor|Motor bersilinder ganda nampaknya akhir akhir ini mulai marak di indonesia,terutama di kalangan para bikers club motor yang melakukan Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder.

salam modifikasi,dalam memodifikasi mesin motor ada banyak hal yang musti di ketahui,terutama dasar dasar atau prinsip kerja komponen mesin,tentunya bukan hanya itu saja yang musti di pahami namun banyak faktor lain yang musti di miliki.salah satunya adalah ketelitian dan juga kreativitas.

Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder


hallo sobat semua,kembali lagi kita dalam tema pembahasan “Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder“,kali ini kita akan mempelajari hal hal yang musti di ketahui terlebih dahulu mengenai prinsip kerja dari setiap komponen bagian mesin.

dengan mempelajari prinsip kerja berbagai komponen mesin nantinya dimaksudkan agar kita faham terlebih dahulu kegunaan dari setiap komponen.sebelum melangkah ke jenjang memodifikasi mesin motor.

sahabat duniamotor.semua mesin sepeda motor pada dasarnya cara kerja atau prinsip utamanya sama yaitu menghasilkan ledakan pada ruang bakar mesin yang nantinya akan menggerakan komponen mesin motor lainnya sehingga motor dapat bergerak melalui gir yang saling berkaitan antara gir depan yang terletak pada mesin dan gir belakang yang menempel pada boss belakang yang mempunyai lingkar roda.

setelah mengetahui dasar prinsip kerja mesin motor,lalu apalagi yang musti dipelajari lebih lanjut?,

Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder
Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder


jawabannya : masih banyak komponen dalam mesin yang musti di pelajari satu persatu agar faham terlebih dahulu sebelum melakukan modifikasi mesin motor ,karena dalam memodifikasi mesin bisa sangat fatal hasilnya bila kita belum mengetahui dasar dasarnya,nantinya hanya akan membuang buang waktu,tenaga,dan uang saja.

sebagai contoh apabila kita hendak membuat  tempe goreng maka yang perlu di ketahui adalah komposisi dan juga bahan untuk membuat tempe goreng tersebut.

tapi tentunya dalam memodifikasi mesin sepeda motor tidak semudah membuat tempe goreng,banyak hal yang mesti diketahui.

oke cukup perbincangan nya,sekarang agak serius karena berikut ini mungkin akan menguras sedikit tenaga fikiran anda dan juga waktu anda.

Komponen Komponen Mesin Sepeda Motor

oke,kita akan mulai dari komponen bagian atas mesin sepeda motor.

1.Cylinder Head (dexsel)

cylinder head atau lebih akrab di sebut dengan dexsel merupakan bagian dari sebuah mesin sepeda motor yang memiliki fungsi dan peranan yang sangat berpengaruh terhadap performa mesin….PELAJARI LEBIH LANJUT

2.Cylinder Blok(blok mesin)

cylinder blog atau lebih akrab dengan sebutan blog merupakan rumah bagi piston (seher) sebuah mesin sepeda motor,perlu di ketahui bahwasannya blok memiliki 2 buah komponen yang dijadikan satu,kedua komponen itu disebut dengan blok silinder dan silinder……PELAJARI LEBIH LANJUT


3.Piston(TORAK)

torak atau lebih sering disebut dengan piston merupakan komponen mesin yang terletak pada bagian silinder linear blok mesin,fungsi dan peranannya merupakan hal penting yang musti diketahui….PELAJARI LEBIH LANJUT

4.Ring Piston(cincin torak)

cincin torak atau lebih sering orang menyebutnya ring piston merupakan pertahanan utama dari masuknya oli kedalam ruang bakar mesin motor dan juga sebagai penyetabil gerakan dari…..PELAJARI LEBIH LANJUT

5.Batang Torak (conecting rod)

batang torak(conecting rod) atau lebih sering disebut dengan stang seher merupakan bagian komponen mesin motor yang merupakan salah satu komponen yang paling sensitif dalam pengoperasiannya karena apabila…PELAJARI LEBIH LANJUT

6.Poros Engkol(crank shaft)

poros engkol atau lebih sering disebutnya dengan as kruk merupakan bagian yang sangat sering di oprek para penggila speed motor,karena pada poros engkol (crank shaft) memiliki peranan yang sangat penting pada proses perputaran…PELAJARI LEBIH LANJUT

7.Bearing Crank Shaft/Laher As Kruk

bearing crank shaft atau sering disebut dengan klaher as kruk adalah salah satu komponen dalam sepeda motor yang letaknya di tengah bagian crankcase mesin sepeda motor fungsi dari bearing crang shaft sendiri adalah…..PELAJARI LEBIH LANJUT

8.Magnit 

magint pada sebuah rangkaian mesin sepeda motor merupakan hal pokok dari kelistrikan sepeda motor,karena dari sini lah awal mula pembentukan kelistrikan motor yang merupakan kerjasama antara….PELAJARI LEBIH LANJUT

9.Spul (kelistrikan motor)

setelah mempelajari dengan baik tentang magnit maka tak kalah pentingnya dalam proses terjadinya arus listrik sebuah sepeda motor adalah spull magnit,spull magnit sendiri memiliki banyak peranan yang dimilikinya sebagai sumber potensial kelistrikan ….PELAJARI LEBIH LANJUT

10.Gear Transmisi

awal mula perputaran roda sepeda motor adalah pada komponen bagian ini karena di sini terdapat gir transmisi yang menghubungkan antara as gir dengan gir roda ….PELAJARI LEBIH LANJUT


agar lebih dipahami lihat peragaan berikut ini :

Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder
Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder


setelah mempelajari dasar dasar komponen mesin sepeda motor beserta prinsip kerjanya sekarang barulah kita bisa melakukan eksperiment.
dalam melakukan modifikasi perlu di tetapkan terlebih dahulu model modifikasi mesin yang akan dilakukan,apakah untuk motor digunakan sehari hari ataukan hanya untuk kontes motor saja.

pemilihan genre modifikasi harus menjadi poin utama yang nantinya akan menjadi tolak ukur.apakah berhasil ataukah tidak.

ada banyak modifikasi mesin yang saat ini sedang menjadi viral di indonesia khususnya bagi para pencinta roda 2.

keterbatasan alat di tanah air merupakan cambuk bagi para builder tanah air untuk berkreasi dan berinovasi.sampai ada salah satu builder lokal yang berhasil mengikuti kontes sepeda motor pada level internasional motor modifikasi di yokohama,jepang.

motor tersebut menggabungkan 5 sillinder mesin menjadi satu kesatuan bak mesin pesawat terbang,yaitu motor naga lima besutan psycho engine mas yusuf.yang bermula pada event nasional suryanation motorland.

nah untuk kali ini akan di bahas secara umum mengenai Modifikasi Mesin Motor yang semula 1 Silinder Menjadi 2 Silinder.

sebenarnya ada cara untuk membut mesin motor semakin kencang tanpa harus banyak mengeluarkan biaya,hasil dari kecepatan dan juga akselerasi yang dihasilkan tidak mengecewakan,mengenai langkah langkah nya bisa di baca pada “CARA MUDAH MEMBUAT MOTOR MENJADI KENCANG” dan tipe ini cocok untuk modifikasi mesin motor harian.

oke langsung saja dibahas mengenai “Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder

pada kali ini akan membahas mengenai Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder.

pertama yang perlu di ketahui adalah dasar dari prinsip kerja mesin bersilinder ganda.silahkan pelajari “dasar prinsip kerja mesin v twin”.

setelah mengetahui dasar prinsip kerja mesin v twin sahabat semua tinggal melakukan eksperimen pada mesin yang semula bersilinder tunggal.

pada dasar nya prinsip kerja mesin silinder tunggal di jadikan ganda sama seperti dasar prinsip kerja mesin v twin milik harley.hanya saja kita lebih bisa memilih letak dari blok cylinder dan juda head cylinder sesuai dengan keinginan masing masing.

mesin motor double silinder
mesin motor double cylinder



langkah modifikasi mesin motor silinder ganda

1. cor ulang crankcase mesin.

modifikasi mesin motor
crankcase mesin silindder ganda

dalam memodifikasi mesin motor bersilinder ganda,langkah awal yang perlu dilakukan adalah crankcase harus di cor ulang untuk tempat seperangkat blok dan cylinder head.karena dari sini lah awal mula sebutan silinder ganda,perlu diperhatikan dalam pengecoran ulang adalah posisi pengecoran untuk stang seher dan juga rantai sentrik nantinya,

jangan luruskan sumbu tengah bakalan blok dan juga sentrik,usahakan agak di kesampinngkan sedikit dari posisi lubang blok asli supaya stang dan dan gir sentrik dapat dipasang bersampingan dengan stang dan gir yang asli.kurang lebih jarak nya 0,5 cm

2.rapikan crangcase 

mesin motor double cylinder
modifikasi mesin motor double cylinder



setelah proses awal selesai,langkah selanjutnya adalah merapihkan hasil cor-coran crankcase,cara merapihkan nya dengan digerinda sampai permukaan tempat bakalan blok mesin terlihat rata.setelah itu haluskan dengan menggunakan amplas sampai permukaan benar benar rata sama seperti lubang blok mesin bawaan pabrik.

3.penyenaian

mesin motor double cylinder
modifikasi mesin motor double cylinder


setelah lubang bakalan blok rapih maka selanjutnya adalah penyenaian lubang drat untuk baut tiang blok.

agar lubang drat baut tiang blok bisa lurus maka pasang blok terlebih dahulu lalu tandai dengan penanda bor,agar dalam proses pengeboran untuk lubang baut tiang blok tidak menceng.

lalu setelah proses pengeboran lakukan penyenaian sampai selesai.

4.memasang batang torak(stang seher) pada poros engkol

mesin motor double cylinder
modifikasi mesin motor double cylinder


setelah semua proses di atas selasai maka proses selanjutnya adalah memasang batang torak pada poros engkol.pada mesin v engine maupun v twin bentuk dari batang torak yang terpasang pada poros engkol sama yaitu 2 batang torak yang sejajar.lakukan pengepresan batang torak dengan sangat teliti jangan sampai tidak presisi karena akan berakibat fatal nantinya bila proses ini tidak sempurna,salah sedikit dalam proses ini maka bisa dipastikan umur mesin tidak akan lama.

4.perakitan

mesin motor double cylinder
modifikasi mesin motor double cylinder


apabila semua langkah di atas dirasa cukup dan sempurna,maka proses selanjutnya adalah perakitan semua komponen mesin.

rakit semua komponen sampai terpasang sempurna.

pada top cylinder gunakan top atas dan bawah,agar akselerasi kedua silinder dapat terus bergantian pada satiap putaran,

5.pemasangan magnit dan kelistrikan.

nah setelah mesin di rakit maka selanjutnya adalah proses pemasangan kelistrikan mesin motor,pada proses ini memang agak sulit karena salah sedikit mesin bisa pincang kinerjanya,

mesin motor double cylinder


pada mesin dauble cylinder modifikasi tetap menggunakan satu spull,tapi jumlah pulser nya ada 2,gunakan pulser tipe luar agar mudah saat penyetelan pickup magnit,karena satu magnit akan menggunakan 2 pickup.

tetapkan masing masing top cylinder untuk penyetelan pick up magnit.

5.pengaturan pompa oli.

mesin motor double cylinder
modifikasi mesin motor double cylinder


pada mesin motor double cylilnder modifikasi lebih baik menggunakan tipe pompa oli luar.

maksutnya lubang pompa asli bawaan pabrik yang menjuju keatas ditutup pada crankcase tengah,sebagai gantinya bor bak kanan yang terdapat lubang sirkulasi oli dan pasang selang oli arahkan menuju kedua head blok agar kedua blok mesin mendapat pasokan oli,pada tahap ini gunakan selang oli milik diesel karena mudah dan elastis untuk di arahkan menuju head silinder blok.

agar lebih jelas lihat gambar berikut :

mesin motor silinder ganda
modifikasi mesin motor double cylinder



setelah kesemua proses di atas selesai maka selesai sudah proses pembuatan mesin doble cylinder.

mesin motor double cylinder
modifikasi mesin motor double cylinder


pada intinya prinsip kerja mesin double cylinder adalah menggerakkan 2 buah cylinder yang terangkai menjadi satu kesatuan,agar kecepatan mesin menjadi bertambah karena terdapat 2 ledakan yang terjadi pada ruang bakar mesin.sehingga performa mesin menjadi semakin meningkat.

agar lebih memahami sistem kerja dari mesin double silinder bisa di lihat pada peragaan berikut ini :

mesin motor double silinder
modifikasi mesin motor double cylinder



untuk gir rasio tetap,tidak ada yang di ubah karena pengubahan terdapat hanya pada poros engkol ke atas.

nah sekarang bagaimana sobat otomotif.ingin performa dan tampilan mesin motor nya menjadi semakin gahar.jangan ragu ragu untuk melakukan eksperimen dan jangan pernah takut untuk salah,karena dari kesalahan adalah awal dari kecerdasan.

oke sekian dulu perjumpaan kita pada topik pembahasan”Cara Modifikasi Mesin Motor 1 Silinder Menjadi 2 Silinder” semoga apa yang di sampaikan di atas dapat bermanfaat dan juga menginspirasi sahabat semua.terimakasih dan salam otomotif.

 

Lihat Foto Mesin 2 Silinder

Bagikan