[Tips Dan Trik] Cara Paling Simple Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak

[Tips Dan Trik] Cara Paling Simple Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak – Halo sobat duniamotor.net erikut ini berbagai Cara Mengatasi Lubang Drat Dol atau Rusak menurut berbagai sumber terpercaya yang berhasil di himpun.
 
Salam modifikasi, anda pusing dengan motor anda yang oli nya selalu keluar sedikit demi sedikit melalui belahan crang case karena drat yang dol. Memang sangat menjengkelkan kalau hal itu terjadi karena mesin terlihat sangat kotor karena mesin penuh dengan oli yang terkena debu yang hasil nya sangan tidak enak untuk dilihat. Hitam, kotor itulah yang akan terjadi pada tampilan mesin yang olinya keluar melalui belahan crang case mesin. Untuk itu kami akan berbagi sedikit pengalaman tentang memperbaiki drat yang dol.

Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak


Selain itu oli pada mesin akan cepat habis dan apabila itu terjadi kerusakan pada komponen mesin akan terjadi seperti ngejim, ngebul, dan lain lain. Itu semua di sebabkan karena lubang baut pada crang case mesin anda sudah dol, aus, lumpur, atau apalah menurut bahasa kalian masing masing yang pasti baut pada mesin ga bisa di pooooliiiin ngebautnya.

Dalam Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak terdapat cara yang beragam,dan berikut ini Tips dan Trik Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak.

Trik Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak Atau Dol

Banyak sekali cara mengatasi baut yang lumpur / rusak,di sini akan dibahas beberapa caranya,di simak baik baik ya !
 
1.Mengganjal Lubang Drat Dengan Plat Seng/Sejenisnya

Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak
Langkah mengatasi lubang drat yang rusak satu ini memang sangat mudah dan murah, namun perlu di ingat bahwasannya langkah yang ini hanya untuk keadaan darurat, karena sifat dari langkah mengatasi lubang drat yang rusak satu ini hanya sementara atau tidak bertahan lama.
Ok, langsung saja untuk langkah langkah nya sebagai berikut :
  • Pastikan lubang drat bersih dari kotoran,kalau ada kotoran akan mengganggu proses ini sediakan plat seng bisa dari kaleng susu,tiner,minuman kaleng dll.
  • Gunting plat seng berbentuk persegi panjang dan sesuaikan dengan lubang drat yang akan di masuki tekuk seng mengikuti pola baut,maka seng akan berbentuk bulat panjang.
  • Setelah itu belah seng,ingat di belah bukan di potong dan pastikan potongan seng lebih panjang dari lubang drat.
  • Masukan belahan seng ke lubang drat crang case lalu masukan baut dan putar pelan pelan agar seng membentuk drat,lalu copot kembali baut nya.
Setelah semua langkah di atas selasai maka tinggal pasang crang case nya,tapi jangan lupa pasang perpak dan juga lem gasket/lem perpak agar nanti setelah di kencangin lem menutupi celah crang case dengan sempurna.
 
Cor Lubang Drat

Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak

Untuk langkah yang ini memang membutuhkan dana yang harus dikeluarkan untuk mengecor lubang drat, namun langkah ini bersifat permanan atau awat, karena lubang drat akan baru lagi.langsung saja berikut cara nya :

  • Lepas crang case, kemudian pilih crang case yang ada lubang drat nya bawa ke bengkel las karbit, minta tolonglah untuk mengisi lubang drat yang dol dengan besi ancuran setelah itu gerinda permukaan lubang yang di cor las tadi sampai rata, agar rata gunakan mata gerinda yang tipis/potong karena hasil gerinda nya lebih halus.
  • Setelah rata lalu pasang kembali crang case lawan nya yang gak ada lubang drat nya, tandai lubang yang ada drat yang di cor tadi dengan mengetokkan paku lalu copot crang case lawan proses terakhir lubang yang di cor yang sudah di tandai ketokan paku tadi di bor seukuran di bawah baut apabila baut ukuran 10″maka di bor ukuran 8″.
  • Setelah selasai mengebor lalu proses penyenaian, sebelum menyenai pasang kembali crang case lawan untuk proses awal penyenaian agar senaian tidak miring.
  • Setelah itu copot crang case lawan lalu lanjutkan proses penyenaian dengan hati hati agar lubang drat nya tidak miring.
Setelah proses di atas selesai maka lubang drat pada crang case akan seperti baru lagi seperti bawaan pabrik. Dan aman lah oli pada mesin,ga keluar lagi.
 
Perbos Lubang Baut
Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak

Proses ini adalah proses yang banyak di lakuakan atau di terapkan,karena mudah dan awat juga,langsung saja caranya begini:

  • Lubang drat yang sudah dol tadi di bor kembali dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran baut apabila baut ukuran 10” maka di bor ukuran 13″, setelah di bor senai lubang bor tadi dengan senai ukuran 14″.
  • Setelah selasai menyenai tancapkan baut 14″ ke lubang senaian tadi dengan kencang dan potong dengan gerinda mata potong rata permukaan crang case lakukan hati hati agar crang case tidak luka.
  • Setelah itu pasang crang case lawan yang tidak ada lubang drat nya dan tandai lubang drat yang di tancapkan baut 14″ tadi tepat di tengah crang case lawan dengan mengetokan paku.
  • Copot crang case lawan lalu bor kembali baut 14″ yang sudah tertancap dan sudah di tandai dengan ketokan paku tadi seukuran drat yang dol,ingat hati hati jangan terlalu dalam mengebor nya karena bisa jebol.
  • Setelah selesai pasang kembali crang case lawan untuk proses penyenaian awal agar tidak miring hasil senaian nya jangan dalam dalam nyenai awal nya.
  • Copot kembali crang case lawan lalu lanjutkan penyenaian dengan pelan pelan dan hati hati agar tidak miring hasil senai nya.

Setelah selasai maka lubang drat pun baru lagi,pada proses yang ini lubang drat lebih kuat dan awet kerena di perbos dengan baut.

 

Review Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak Pada Mesin

Sahabat semua sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengatasi lubang drat yang dol pada crangcase mesin, namun 3 cara di atas yang sudah di uraikan merupakan cara yang sering di lakukan dan sudah terbukti ampuh dalam mengatasi lubang drat yang dol pada crangcase mesin. Selamat mencoba dan semoga hasilnya bisa sempurna dan oli pun tak akan keluar lagi melalui belahan crang case. Ok, sekian ulasan [Tips Dan Trik] Cara Paling Simple Mengatasi Lubang Drat Yang Rusak semoga bermanfaat bagi semua pembaca.terima kasih dan maju terus dunia otomotif tanah air.

Biar sedikit fress lihat foto motor modifikasi aja dulu !!

 

Kontes Modifikasi Motor Yang Menginspirasi

Bagikan