[Tips Jitu] Cara Setel Karburator PE 28 Pada Sepeda Motor Dengan Mudah

Belajar Setel Karburator PE 28
Karburator PE 28

[Tips Jitu] Cara Setel Karburator PE 28 Pada Sepeda Motor Dengan Mudah – Hallo sobat duniamotor.net semua salam seger waras buat anda semua. Berbicara masalah Karburator PE 28 Eror maka yang akan terjadi adalah performa mesin yang kurang maksimal,banyak kendala yang akan terjadi pada performa mesin terutama pada putaran atas mesin. Mesin sulit mendapatkan tenaga pada putaran atas diakibatkan pasokan bahan bakar ke ruang bakar terhambat atau biasa dikatakan telat, terus apa yang harus dilakukan atau tepat nya bagaimana cara mengatasi karbu pe error ?

Perlu di ketahui terlebih dahulu bahwasanya permasalahan permasalahan di atas biasanya terjadi pada Karburator PE 28 KW atau tiruan,karena memang kualitas yang di jaminkan pada barang KW/tiruan memang jauh berbeda bila di bandingkan dengan Karburator Asli bawaan motor. Baik sobat dunia motor semua sebelum mengetahui cara Setting Karburator PE 28 maka petama kali sebaiknya pelajari dulu komponen pada karbu.

Komponen Karburator PE 28

Setel Karburator PE 28
Komponen Karburator PE 28

Tentunya di dalam sebuah karburator pasti terdapat komponen dengan fungsi yang berbeda beda, apa saja komponen yang terdapat pada karburator pe 28, chek this out !

Baca Juga :  Cara Mengatasi Karburator Vespa Sering Banjir Saat Mesin Mati

1.Pilot Jet : fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai tempat keluarnya bensin atau lebih mudah nya merupakan salauran bensin yang keluar dari mangkuk penampung bensin pada karburator.

2.Air Jet/Air Bleed : fungsi komponen karburator yang satu ini adalah sebagai pengatur udara yang akan bercampur dengan bahan bakar nantinya, komponen yang satu ini sangat berperan penting pada proses pengkabutan bahan bakar agar mudah untuk di bakar pada ruang bakar mesin motor.jumlah udara pada komponen ini di atur oleh sekrup pengatur. Pada umumnya terdapat 3 jumlah lubang air bleed pada moncong karbu, lubang pertama berfungsi sebagai penyuplai ke pilot jet, lubang ke dua menuju main jet, lubang ke 3 menuju chuk karburator.

3.Air Screw/drat pengatur udara : sesuai dengan namanya komponen yang satu ini berfungsi sebagai pengatur udara yang menuju ke pilot jet.

4.Jarum Skep : komponen yang satu ini berfungsi sebagai portal pembuka dan penutup bahan bakar yang melawati main jet.pada komponen ini biasa nya terdapat lubang spi sebagai pengatur tinggi rendahnya posisi jarum saat menutupi main jet,namun ada juga tipe karburator yang tidak memiliki drat spi pengatur sebagai contoh adalah karburator GL bawaan pabrik.

5.Main Jet : komponen yang satu ini berparan sebagai pengatur keluarnya bahan bakar dari mangkuk penampung bahan bakar yang terhubung langsung ke nosel.

6.Nosel : komponen ini berfungsi sebagai selongsong tempat turun naik nya jarum skep.

Berikut ini adalah bentuk pasokan bahan bakar yang normal pada ruang bakar mesin serta bagaimana mesin itu bekerja.

Nah, setelah mengetahui fungsi dari komponen komponen karburator lalu bagaimana cara setel karburator PE 28 ? ok langsung aja di cek.

Baca Juga :  Cara Setel Karburator Motor Yang Benar Menurut Buku Manual

Cara Setel Karburator PE 28

1.Perlu di ketahui bahwasannya pada karbu tiruan PE 28 biasanya pada selongsong skep terdapat kotoran? benjolan akibat cetakan karbu yang kurang bersih, untuk mengatasinya maka ratakan kotoran/benjolan tersebut dengan amplas sampai benar benar bersih, kalau proses ini tidak berjalan dengan sempurna maka skep karburator bisa luka dan itu merupakan salah satu penyebab tenaga mesin tidak maksimal di tandai dengan brebet pada putaran atas.

2.Ganti semua spuyer milik karbu PE 28 dengan spuyer milik Honda GL PRO atau milik Tiger karena lebih mudah dalam penyetelan karbu dibandingkan spuyer bawaan karbu pe.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Honda Beat Ngempos Saat Digas

3.Hidupkan motor lalu putar drat sekrup pengatur skep pada posisi 0 atau di kencangkan begitu pula dengan drat pengatur udara kencangkan pada posisi 0.

pertama yang harus dilakukan adalah dengan memutar drat sekrup pengatur skep,putar sebanyak 1,5 putaran /360+180 drajat putaran.

Kedua putar drat sekrup udara untuk mengatur udara yang akan masuk sebanyak 1 putaran/360 drajat putaran, biasanya pada karbu yang baru masih mudah dalam penyetelan,dan pada karbu lama maka ada komponen yang perlu di ganti seperti inlet needle yang sudah aus pada karet pengganjal bensin. Namun, agar lebih mudah lebih baik ganti semua komponen dengan komponen milik gl pro/tiger.

Masalah yang kerap kali muncul lainnya adalah karburator banjir, untuk mengetahui cara mengatasi dan penyebab nya bisa di baca pada cara mengatasi karburator banjir.

Ok sepertinya hanya itu saja langkah mudah setel karburator PE 28sebenarnyan ada banyak sekali cara setting karburator namun dalam kebanyakan kasus, langkah ini sudah mampu mengatasi masalah masalah yang sering terjadi pada Karburator PE 28 KW. Semoga dapat membantu sahabat duniamotor semua, terimakasih dan maju terus dunia otomotif tanah air.
Bagikan