Cara Memperbaiki Aki Kering 12 Volt

Cara Memperbaiki Aki Kering 12 Volt – Sahabat duniamotor.net seringkali kita mendengar ucapan  orang tentang aki kering itu tidak bisa di perbaiki atau aki tidak bisa di cas, namun semua itu hanya katanya ternyata kenyataan nya saya sendiri pernah memperbaiki aki kering 12 volt bawaan pabrik, ternyata bisa dan arus listrik aki nya normal alias seperti awal mula.

Cara Memperbaiki Aki kering

Memperbaiki aki kering bagi sebagian orang mustahil untuk di lakukan dengan alasan yang masih katanya, namun tenang ada trik memperbaiki aki kering yang lemah  dan arus saya yakin arus listrik nya akan kembali normal hanya saja butuh sedikit trik dalam memperbaiki aki kering. Seiring perkembangan sepeda motor saat ini banyak sekali yang menggunakan aki kering sebagai penyimpan arus listrik yang memasok kebutuhan kelistrikan motor, dan ini banyak dieluhkan oleh sebagian besar pengguna motor ber aki kering karena pada umumnya penggunaan aki kering pada motor hanya kuat di kisaran 1 tahun. Ini real sekali jika memperhatikan nya.
Semua ini bukan katanya lagi karena saya sendiri mangalaminya pada sepeda motor beat saya, kala itu ingin sekali menepis anggapan bahwasannya aki kering tidak bisa di cas atau di perbaiki dan akhirnya saya berhasil memperbaiki aki kering kepunyaan motor saya. Dan perlu sobat semua ketahui bahwasannya aki tersebut masih bawaan motor. Cara memperbaiki aki kering memiliki satu tingkat kesulitan yaitu pada tahapan memasang kembali tutup aki kering yang sudah di buka, namun berkat bantuan teman teman bengkel yang sudah sering kali memperbaiki aki kering saya disarankan untuk menyolder tutup aki tersebut dan ternyata cara ini berhasil. Alhasil aki kering saya kembali normal seperti baru. Nah, untuk sobat semua yang hendak memperbaiki aki kering miliknya bisa meniru cara saya dalam memperbaiki aki kering 12 volt honda beat milik saya. Bagaimana cara nya ? simak cara memperbaiki aki kering 12 volt berikut.

Tips Dan Trik Cara Memperbaiki Aki Kering

Perlu diperhatikan dalam tahapan memperbaiki aki kering ini adalah pastikan aki kering sobat masih ada api nya walaupun hanya sedikit, karena hal tersebut merupakan syarat mutlak kalau aki ingin diperbaiki.
Nah, sobat semua silahkan perhatikan langkah memeprbaiki aki kering berikut ini.!
  • Pertama, yang harus di lakukan ialah mencopot penutup lubang masuknya air aki.
  • Kedua, tambah kan air aki dengan suntikan, perlu di perhatikan air aki ada dua yaitu untuk pengisian awal warna botolnya merah dan untuk penambahan warna botolnya biru, gunakan aki yang berwarna biru.
 
Baca Juga :  Tips Mengatasi Seling Gas dan Kopling Yang Sering Putus
  • Ketiga. Cas aki menggunakan travo cas aki, lalu cas kurang lebih selama 2 jam jangan terlalu lama karna bisa blowup atau ngembung.
  • Ke empat, cek menggunakan travo meter/tester bila hasil menunjukan 12 volt maka berhasil. Jika tidak biasanya sel penyimpan arus pada aki sudah rusak untuk memperbaikinya silahkan baca trik memperbaiki sel aki .
  • Kelima, pasang kembali tutup aki yang tadi di buka, biasanya nya kalau dilem tidak bisa lengket, maka untuk mengatasinya yaitu di lelehkan dengan solder.
Baca Juga :  Penyebab Dan Cara Mengatasi Aki Sering Tekor
Ok sobat semua demikian itu tadi tips dan trik cara memperbaiki aki kering 12 volt, semoga bermanfaat. Terimakasih maju terus dunia otomotif tanah air.
Bagikan