Cara Memperbaiki Motor Brebet Paling Mudah

Cara Memperbaiki Motor Brebet Paling Mudah – Sobat duniamotor.net kembali lagi kami akan berbagi ilmu dan info otomotif yang nantinya bisa membantu sobat semua dalam mengatasi masalah yang di hadapi,dan tema kita kali ini adalah cara memperbaiki motor mbrebet. Sebelum kita membahas trik memperbaiki motor brebet maka kita harus tahu dulu bagian bagian atau komponen komponen motor yang menyebabkan motor menjadi brebet atau ngadat saat dihidupkan.
Cara Meperbaiki Motor Brebet Pada Motor 4T dan 2T

Komponen komponen motor yang rawan sekali sebagai penyebab motor brebet itu ada berbagai macam seperti karburator kemasukan air, kualitas bahan bakar, busi mau mati, kiprok mau mati, cdi mau mati, setelan pada karbu kurang pas. Penyebab umum terjadinya motor brebet adalah seperti yang kami sebutkan tadi, kenapa kok bisa ? jawabnya tentu bisa karena komponen tersebut tidak bisa bekerja maksimal sehingga motor pun jadi brebet. Lalu bagaimana solusinya ? untuk cara memperbaiki motor brebet maka simak sedikit ulasan penyebab motor brebet terlebiih dahulu.

Penyebab Motor Brebet

Kasus pertama, lalu bagaimana cara memperbaiki motor brebet itu ? yang pertama harus di cek adalah pada pengapian mulai dari spul, cdi, kuil, busi. Cek satu persatu kalau terjadi kerusakan pada bagian tersebut pasti akan terlihat pada proses ini, apabila proses ini tidak menemukan kerusakan alias komponen semua normal maka lanjut ke tahap selanjutnya.

Kasus kedua, penyebab motor brebet lainnya ialah karburator yang kemasukan air, apabila karburator kemasukan air maka bahan bakar akan bercampur dengan air sehingga proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan itulah penyebab motor brebet, bahan bakarnya bercampur air bro. Lalu bagaimana cara memperbaiki karburaor ? bongkar dan bersihkan karburator dari air dan kotoran kotorann lain yang ada di dalam karburator.

Baca Juga :  Cara Setel Karburator Motor Yang Benar Menurut Buku Manual

Kasus ketiga, kalau proses pada karburator ternyata tidak mengalami kendala maka proses lainnya yang menyebabkan motor brebet adalah tangki bensin kotor sehingga pasokan bahan bakar ke karburator menjadi terhambat sehingga pada saat proses pembakaran maka bahan bakar yang terbakar tidak mencukupi untuk syarat terjadinya ledakan pada ruang bakar motor. Lalu cara mengatasi motor brebet pada kendala ini bagaimana ? silahkan pelajari cara membersihkan tangki.

Kasus keempat, apabila proses diatas tidak mengalami kendala maka penyebab motor brebet lainnya adalah top magnit lompat, seperti yang kita fahamai bahwasanya top magnet merupakan hal paling sensitif apabila geser sedikit saja maka motor akan susah hidup atau kalau motor menyala pun maka saat di gas motor jadi brebet. Solusi cara mengatasi motor brebet pada kendala ini adalah dengan mengetop kan kembali magnit mesin motor, cara bagaimana ? nanti kita ulas.

Penyebab motor brebet lainnya adalah ring piston sudah mulai kendor , sehingga pada motor 4 tak hal ini sangat fatal karena ruang bakar bercampur dengan oli dan itulah penyebab motor brebet. Dan berikut ini solusi dari kesemua masalah di atas.

Trik Cara Memperbaiki Motor Brebet

Nah, sobat duniamotor.net semua pasti jengkel kan kalau motor nya brebet ? sama bro, saya juga pernah ngalami juga tapi tenang karena semua itu ada solusinya ! apa saja solusinya yuk di simak.
  • Cara Pertama
Cara Meperbaiki Motor Brebet
Untuk mengatasi motor brebet akibat kasus yang pertama, maka solusisnya adalah dengan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru karena sudah bisa dipastikan kalau komponen tersebut ada yang rusak atau bekerja tidak maksimal maka sudah tidak bisa dihindari motor akan brebet. Tapi harus di cek dulu ya jangan asal tebak lalu diganti nanti sobat bisa bertambah jengkel kalau motor nya ga sembuh dari brebet. Cara nya dicek apinya satu persatu mulai dari spul lalu beruntut sampai ke busi, apabila ada bagian tersebut yang rusak maka bagian tersebut memiliki ciri tidak mengeluarkan setrum atau arus listrik.
  • Cara Ke Dua
Cara Meperbaiki Motor Brebet
Pada kasus kedua yaitu dengan menguras isi karburator melalui pembuangan karburator,biasanya terletak pada sisi bawah bak penampung karburator. Di buka lalu di ketok ketok agar airnya keluar lalu setelah itu tutup kembali pembuangan tersebut pada proses ini jangan lupa untuk menutup kran bahan bakar dari tangki ke karburator.
Baca Juga :  Cek Kesehatan Dan Cara Memperbaiki CDI Motor
Cara Meperbaiki Motor Brebet
  • Cara Ke Tiga
Pada kasus ketiga penyebab motor brebet kuras ialah tangki bahan bakar kotor solusinya adalah kuras tangki dengan mencopot tangki lalu gunakan bensin satu gelas, lalu goncangkan terus di keluarkan. Lakukan hal tersebut sampai dirasa tangki sudah benar benar bersih.
Cara Meperbaiki Motor Brebet
Pada kasus ke empat penyebab motor brebet adalah top magnit loncat maka solusinya adalah dengan mengembalikan magnit ke top yang sebenarnya, top kan dulu magnit motor kalau susah melihat top motor maka cara termudahnya adalah dengan melihat posisi piston pada lubang busi, masukan besi untuk melihat apakah posisi piston sudah berada diatas, kalau sudah maka akan kelihatan top nya bergesar beberapa derajat maka segera lepas baut pengunci dengan tracker lalu putar kembali ke arah top magnit yang biasanya ada tanda pada bak motor.
Cara Meperbaiki Motor Brebet
Pada kasus kelima penyebab motor brebet adalah ring piston yang sudah kendur maka solusi untuk memperbaiki motor brebet pada kasus ini adalah dengan mengganti ring piston apabila belum parah dan apabila sudah parah harus di naikan oversize nya supaya silinder nya aman.
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Motor Brebet Paling Mudah
Cara Setel Karburator PE 28 Pada Sepeda Motor Dengan Mudah”]
Nah, sobat duniamotor.net demikian tadi Cara Memperbaiki Motor Brebet Paling Mudah, semoga bisa membantu dan bermanfaata, terimakasih dan maju terus dunia otomotif tanah air.
Bagikan