Fungsi Spul dan Arti Warna Kabel Bodi Motor

Fungsi Spul dan Arti Warna Kabel Bodi Motorapa itu spul? dan apa fungsi dari spul itu pada sebuah sepeda motor?

 
Fungsi Spul dan Arti Warna Kabel Bodi Motor
fungsi spul dan arti warna kabel bodi motor

spul motor adalah rangkaian lilitan kawat email yang mempunyai ukuran tertentu yang berbeda beda pada setiap mesin,tergantung dari kebutuhan arus listrik yang di butuhkan.

pada sebuah sepeda motor terdapat salah satu komponen mesin yang disebut spul.spul it sendiri terbagi menjadi 2 jenis spul,fungsi dari kedua spul tersebut adalah :

1. spul kelistrikan penerangan(lampu-lampu),fungsi dari jenis spul ini adalah membesarkan arus listrik lalu di kirimkan menuju baterai,setelah sampai di baterai lalu di alirkan menuju semua lampu yang ada,pada saat motor dalam kondisi kunci ON.

2. spul kelistrikan api.fungsi dari jenis spul yang satu ini adalah untuk mencukupi arus listrik api.dimulai dari lilitan spul menuju salah satu komponen pengapian yaitu CDI.dan dari CDI ini lantas di teruskan menuju koil untuk di besarkan tegangannya kemudian titik pengapian yang terakhir setelah dari koil adalah busi,busi menciptakan bunga api/lompatan api yang fungsinya sebagai api pembakar bahan bakar yang masuk ke ruang bakar mesin.

di dalam komponen spul motor ada satu komponen yang berfungsi sebagai pengatur ritme kerja spul.komponen tersebut dinamakan pulser.

cara kerja dari pulser sendiri adalah membaca perbedaan yang terjadi pada magnit di ruang rotasi magnit.

hasil kelistrikan motor terbagi menjadi 2 tipe kelistrikan,yaitu :



  • kelistrikan AC
  • kelistrikan DC
agar lebih bisa memahami bagaimana terbentuknya arus listrik pada motor bisa di lihat pada peragaan berikut :

Fungsi Spul dan Arti Warna Kabel Bodi Motor
proses terbentknya muatan listrik pada motor


perlu sahabat ketahui pada setiap spul motor biasanya proses pengiriman arus listrik di kirim menggunakan kabel/sering di sebut kabel bodi.pada kabel bodi spul motor setiap merek dan pabrikan sepeda motor berbeda beda warna-warna navigasinya.
 
untuk mengetahui arti warna warna kabel bodi dari setiap pabrikan sepeda motor bisa di pelajari lebih lanjut.silahkan pelajari arti warna kabel bodi 4 pabrikan motor yang sering di jumpai di indonesia.
 
 
 
oke sekian dulu perjumpaan kita pada topik pembahasan”fungsi spul dan arti warna kabel bodi motor“semoga apa yang di sampaikan di atas dapat membantu sahabat semua.terimakasih dan salam otomotif.
tags:harga spull motor,fungsi spul magnet,cara kerja spul sepeda motor,spul motor mati,fungsi pulser pada motor,spul adalah,harga magnet sepeda motor,spul motor lemah.
Bagikan