Cara Mengatasi Suara Berisik Pada Mesin Motor

Cara Mengatasi Suara Berisik Pada Mesin Motor | Sobat duniamotor.net suara mesin apabila sudah bersuara berisik pastinya sang pemilik motor akan risih di buatnya, penyebab mesin motor berisik banyak penyebabnya, dan salah satunya adalah perumahan prodo sudah oblak.

Sahabat otomotif perumahan prodo atau mangkuk kanvas kopling apabila sudah oblak atau tidak kencang lagi maka hal yang sering terjadi adalah mesin bersuara kasar atau mesin bersuara berisik, dan hal ini jarang sekali terdeteksi padahal udah ganti ini dan itu, namun tetap saja mesin masih saja berisik.

Mengatasi Suara Berisik Pada Mesin

Lantas bagaimana cara mengatasi mesin kasar akibat perumahan prodo yang sudah oblak ? baik, sahabat otomotif cara mengatasi suara mesin yang berisik akibat perumahan prodo oblak ada 2 alternatif cara,

“Sebenarnya untuk mengatasi suara mesin yang berisik akibat perumahan prodo yang oblak itu mudah saja” ujar prasetyo, mekanik asal lampung di kutip dari pernyataan beliau. Berikut ini cara mengatasi perumahan prodo yang oblak menurut prasetyo sang empunya motor.

Baca Juga :  Mengatasi Bunyi Berisik Di Mesin Satria Fu 150

Mengatasi Suara Berisik Pada Mesin Motor

  • Cara Pertama
Ketok ulang spi pengunci antara gear dan perumahan prodo, untuk cara yang pertama ini memang tidak mengeluarkan biyaya karena hanya bermodalkan bongkar bak mesin saja yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan biyaya ke bengkel. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut.

Mengatasi Suara Berisik Pada Mesin

Namun untuk cara yang satu ini hasil yang didapatkan kurang maksimal, pasalnya sifat dari cara pertama ini hanya sementara karena memang karet bantalan sudah mulai tipis, dan itulah penyebab kenapa perumahan prodo jadi oblak.

 
Baca Juga :  Cara Mudah Mengatasi Piston Nabrak
  • Cara Kedua

Ganti karet bantalan perumahan prodo, untuk cara yang satu ini memang mengeluarkan biaya namun perlu di perhatikan adalah dalam penggantian nya adalah pastikan kualitas karet bantalan prodo yang akan kita beli adalah produk yang berkualitas, kenapa harus di ganti dengan barang berkualitas sebabnya adalah demi kenyaman saat berkendara serta barang yang berkualitas akan bertahan lama atau awet.

Mengatasi Suara Berisik Pada Mesin

Apabila mesin motor sering di bongkar pasang maka resiko kemungkinan lubang drat pada crangcase akan dol atau lumpur bertambah besar, dan tentunya masalah semacam ini akan membuat biaya service bertambah.

Baca Tentang : Cara Mengatsi Lubang Darat Yang Dol Pada Crangcase

sahabat otomotif itu tadi sedikit ulasan tentang cara mengatasi suara berisik pada mesin yang dapat di bagikan semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk semua sahabat otomotif,sekian dan terima kasih salam otomotif.
Baca Juga :  Cara Meningkatkan Tenaga KLX 150 Tanpa Bongkar Mesin
Bagikan