New Honda Scoopy FI, Perbedaan Rangka dan Keunggulan

New Honda Scoopy FI, Perbedaan Rangka dan Keunggulan – Sobat duniamotor.net Secara kasat mata tampilan New Honda Scoopy FI tidak berbeda jauh dengan versi terdahulunya yang masih mengadopsi karburator. Meski sama­sama masih mengusung gaya retro, ternyata perubahan pada frame atau rangka sangat signifikan.

new-honda-scoopy-fi-perbedaan-rangka-dan-keunggulan

Review Honda Scoopy

“Frame Scoopy FI berbeda dengan Scoopy lama. Perubahan banyak terjadi pada bagian tengah di bawah jok dan bagasi, karena menyesuaikan bentuk bagasi yang memiliki daya tampung lebih besar,” terang Handy Hariko, Senior Manager Technical Training Departement Head, PT Astra Honda Motor (AHM).

Dengan daya tampung 15,4 liter pada bagasi Scoopy FI, dimensi rangka jadi lebih melebar keluar baik ke kanan maupun ke kiri. “Jarak antar frame pada Scoopy karburator adalah 201 mm sedang pada Scoopy FI menjadi lebih lebar hingga 258 mm,” urai pria ramah ini.

Baca Juga :  Penjualan Helm Di Indonesia Mengalami Kenaikan Pesat

Tapi bila dibandingkan dengan rangka Honda BeAT FI, malah lebih mirip. Dari segi dimensi, antara Scoopy FI dan BeAT FI sama. Perbedaannya hanya selisih sedikit pada rangka bagian tengah, jika Scoopy FI lebarnya 258mm, sedang pada BeAT FI hanya 253mm,” lanjut Handy Hariko.

Selain kapasitas bagasi yang lebih besar, tangki bahan bakar juga ikut digembungkan. Kapasitas tangki Scoopy sebelumnya hanya menampung 3,5 liter bensin,sedang Scoopy FI kapasitasnya naik menjadi 3,7 liter.

“Bentuk dan daya tampung tangkin bahan bakar Scoopy FI ini sama persis dengan BeAT ­FI,” rinci pria yang berkantor di Sunter, Jakarta ini.

Baik Scoopy karbu maupun Scoopy FI memiliki ukuran pipa rangka yang sama. Pada sisi kanan 20 x 40 mm dan sisi kiri 25 x 40 mm. Sisi kiri sedikit lebih besar karena menyesuaikan kedudukan suspensi belakang.

Baca Juga :  Victory Vision Tour Memiliki Mesin Tipe V-twin

Karena perbedaan frame, jarak sumbu roda juga berbeda. Scoopy FI sedikit lebih panjang yakni 1.256 mm, sedang Scoopy karburator hanya 1.240 mm. Sedang pada roda tidak ada perbedaaan, sama­sama mengusung pelek ring 14 inci dengan ukuran ban 80/90 pada bagian depan, dan 90/90 di belakang.

Perbedaan Scoopy Lama Dan Injeksi

Scoopy

Panjang: 1844 mm
Lebar: 699 mm
Tinggi: 1070 mm
Jarak sumbu roda: 1240 mm
Berat motor: 94 kg
Jarak terendah ke tanah: 150 mm

Scoopy FI

Panjang: 1856 mm
Lebar: 694 mm
Tinggi: 1060 mm
Jarak sumbu roda: 1256 mm
Berat motor: 96 kg
Jarak terendah ke tanah: 130 mm
Disamping itu, New Honda Scoopy­FI juga punya empat keunggulan untuk bisa menjadi raja di retro skutik. Apa saja keunggulannya? Mari kita simak..!!!!

new-honda-scoopy-fi-perbedaan-rangka-dan-keunggulan

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan Bajaj Pulsar 200NS Yang Perlu Diketehui

1. Irit bahan bakar
Honda mengklaim, New Scoopy­FI memiliki efisiensi bahan bakar mencapai 56 km per liter bensin, naik signifikan dari sebelumnya hanya 44,5 kpl.

2. Komponen baru
New Scoopy­FI hadir dengan menggunakan projector head light. Lampu proyektor dengan bohlam halogen, menjadi fitur pertama yang diaplikasi pada model
skutik di Indonesia.

3. Utility box
Untuk meingkatkan kenyamanan berkendara, Scoopy FI memperluas bagasi di bawah jok enam kali lipat dari model sebelumnya menjadi 15,1 liter dan
dilengkapi tombol pembuka/penutup. Cukup untuk menyimpan helm half face dan barang­barang lain.

4. Type striping Stylish dan Sporty
Honda menawarkan Scoopy dengan dua gaya desain, sporty dan stylish bisa dipilih sesuai karakter konsumen masing­masing.
Nilai plus inilah sebagai andalan New Scoopy sebagai pilihan baru yang terbaik buat konsumen, kata Yusuke Hori, President Director AHM, dalam peluncuran
Scoopy­FI, di JCC, Jakarta,

Bagikan