Cara Ampuh Membersihkan Tangki Motor Berkerak, Berkarat Dan Kotor

Cara Ampuh Membersihkan Tangki Motor Berkerak, Berkarat Dan Kotor – Hallo sobat duniamotor.net kembali lagi kami akan berbagi tips seputaran otomotif dan tema kita kali ini akan membahas bagaimana cara menguras tangki motor yang kotor dan berkerak.

cara-ampuh-membersihkan-tangki-motor

Kebersihan tangki motor merupakan preoritas utama setiap sepeda motor karena bila asal asalan dalam perawatan tangki motor hal yang di khawatirkan adalah tangki motor berkarat lalu menimbulkan kerak dan alhasil tangki jadi bocor, untuk itu pada kesempatan ini pula kita akan membahas cara membersihkan tangki motor yang berkarat hanya dengan peralatan sederhana yang bisa dengan mudah kita mencarinya.

Sebenarnya bila kita rutin menjaga kebersihan tangki motor seperti mengurasnya selama 6 bulan sekali atau minimal 4 bulan sekali sudah bisa mengantisipasi kebocoran tangki motor kita namun rasa malas yang sering kali di alami dan juga kurang fahamnya kita terhadap akibat dari tangki yang kotor adalah faktor utama kenapa sering terjadi masalah tangki yang bocor, nah pada kesempatan kali ini selain membahas cara ampuh membersihkan tangki motor kita juga akan membahas tentang cara menghilangkan kerak dalam tangki motor. Seperti apa saja langkah langkah atau cara mengatasi tangki yang kotor, berkerak, dan berkarat berikut ini pembahasannya.

Baca Juga :  Cara Memasang Lampu H4 Di Motor New Megapro

Cara Ampuh Membersihkan Tangki Motor

Berikut ini cara ampuh membersihkan tangki motor menurut ahli tangki motor.

  • Pertama Copot Kran

Lepas kran motor untuk menguras bahan bakar yang ada di dalam tangki, pastikan tangki benar benar sudah kosong tidak ada bahan bakar yang tertinggal.

  • Kedua Cuci Dengan Deterjen

Setelah tangki motor kosong maka masukan air deterjen kedalam tangki, goncangkan tangki kesemua arah agar tangki tersapu oleh air deterjen tersebut. Setelah busa di dalam tangki terlihat banyak lalu keluarkan air deterjen dalam tangki dan masukan air biasa untuk membersihkan busa deterjen tersebut.

Setelah busa dalam tangki hilang maka masukan lagi air deterjen yang sudah di keluarkan dari dalam tangki tadi lalu lakukan hal yang sama seperti langkah pertama tadi sampai dirasa bagian dalam tangki sudah bersih sempurna. Pada tahap ini memakan waktu lumayan lama.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Tenaga KLX 150 Tanpa Bongkar Mesin
  • Ketiga Pembersihan Kerak Pada Tangki

Setelah tangki motor bersih maka lanjut ke proses pembersihan kerak dan karat, biasanya setelah melakukan pembersihan dengan deterjen maka kerak akan copot namun tetap terdapat sisa sisa nya sedikit. Nah untuk membersihkannya gunakan magnit untuk mengambil sisa kerak di dalam tangki tersebut. Lakukan sampai dirasa sisa kerak benar benar hilang.

  • Keempat Pembilasan dan Pengeringan

Setelah proses pertama sampai ketiga selesai maka bilas dengan air bersih sampai benar benar bersih dari sisa deterjen dan setelah itu keringkan seharian penuh di terik matahari atau bisa juga dengan oven.

  • Kelima Pelapisan Supaya Tidak Berkarat

Setelah tangki benar benar kering maka selanjutnya adalah proses mencegah terjadinya karat pada tangki motor yakni dengan cara di poksi, nah untuk cara ini sobat bisa mencampurkan poksi dengan tiner secukupnya lalu tutup lubang kran tangki lalu masukan campuran poksi dengan tiner kedalam tangki.

Setelah itu guncangkan tangki  motor sepaya poksi bisa merata ke semua permukaan dalam tangki motor lakukan langkah ini sampai 4 atau 5 kali dengan catatan setiap proses poksi harus kering terlebih dahulu karena bila tidak poksi sebelumnya bisa mengelupas dan menjadi kotoran nantinya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Motor Ngempos Pada Mesin 4T dan 2T

Ok sepertiya itu saja tips cara ampuh membersihkan tangki motor kali ini semoga bermanfaat, maju terus dunia otomotif tanah air.

Bagikan