Cara Membuat Lubang Porting Motor Untuk Meningkatkan Tenaga Mesin

Cara Membuat Lubang Porting Motor Untuk Meningkatkan Tenaga Mesin – Hallo sobat duniamotor.net kembali lagi kami akan berbagi tips dan trik seputaran duniaotomotif dan tema kita kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat lubang porting pada motor.

cara-membuat-lubang-porting

fungsi porting motor sendiri adalah untuk meningkatkan performa dari mesin motor.lubang porting yang baik adalah yang mampu memasok bahas bakar ke dalam ruang silinder dan mampu membuang nya ( sisa pembakaran) dengan baik.

kemampuan lubang porting untuk meningkatkan udara bukan hanya bergantung dari seberapa besar diameternya, namun bentuk dari geometri dan sudut-sudut arah aliran angin termasuk juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan udara dan jumlah yang masuk di dalamnya.

Baca Juga :  Cara Bore Up Mesin 4 Tak Dan 2 Tak Yang Benar

langsung aja kita masuk ke langkah Membuat Lubang Porting (porting polish)

Membuat Lubang Porting Motor

Lankah pertama membuat lubang porting adalah dengan memperbesar diameter sitting klep sekitar 70-90% dari diameter klep awal,setelah itu di komponen kiri kanan bos klep kita kikis dinding bos klep yang menyempit dan ujung dari bos klep yang tersisa maksudnya yang nonjol ga usah di potong sampai habis cukup di buatkan coakan di bagian kanan dan kiri bos klep nya.

cara-membuat-lubang-porting

perlu di ketahui bahwasannya fungsi Sudut sudut dari lekukan jalur porting yang lebih datar akan memudahkan proses pergantian udara di dalamnya.

diameter lingkaran ruang sampai bagian tepi lubang porting intake yang menghubungkan ke manifold buat ukuran sekitar 80% dari diameter klep intake setelah itu diameter dari manifold kita sesuaikan dengan diameter tepi lubang portingnya.

cara-membuat-lubang-porting

diameter lingkaran ruang knalpot bisa diperbesar 80-100% dari diameter klep knalpot, kemudian sesuiakan diameter leher knalpot dengan diameter ruang porting exhaust/knalpot.

Baca Juga :  Cara Stroke Suzuki Satria FU 150 Menjadi 200 cc

kemudian pada lubang porting intake, biarkan posturnya tetap kasar karena Permukaan lorong yang kasar akan membantu proses bercampurnya udara dengan bahan bakar supaya maksimal dalam pengkabutan bahan bakar, sehingga ketika masuk ke ruang bakar, campuran antara bahan bakar dan angin tersebut lebih mudah untuk dibakar atau bahasanya meningkatkan efisiensi termal.

cara-membuat-lubang-porting

kemudian lanjut ke lorong exhaust dan ini merupakan proses terakhir dari membuat lubang porting motor.,untuk lorong exhaust harus dibikin halus atau licin atau di polish, supaya sisa karbon hasil dari pembakaran tidak mudah menempel pada dinding dindingnya.

 

nah itu tadi cara membuat lubang porting motor yang bisa kami bagikan.

Lihat Semua Gambar

Bagikan