[Tips And Trik] Cara Memperbaiki Engkol Motor Keras Pada Bebek Dan Matik

[Tips And Trik] Cara Memperbaiki Engkol Motor Keras Pada Bebek Dan Matik –  Hallo sobat duniamotor.net kembali lagi kami akan berbagi tips and trik seputaran otomotif dan tema kita kali ini akan membahas tentang cara mengatasi engkol motor terasa keras.

Engkol Motor Keras

Sobat pernah mengalami engkol motor keras atau engkol motor berat ? kalu pernah berarti sobat harus kudu dan musti segera membperbaikinya. Kenapa ?  karena bila di biarkan maka engkol motor bisa macet total, alias tidak bisa di kick walau di pukul pakai balok sekalipun.

Engkol motor atau kick starter merupakan fitur yang bisa di gunakan manakala elektrik starter mengalami kerusakan atau tidak bisa di gunakan, nah sebelumnya kami juga pernah membahas tentang cara memperbaiki bendik starter motor dan silahkan pelajari. Ketika elektrik starter sedang dalam masa kerusakan maka kick starter sangat di butuhkan untuk menghidupkan motor, tapi kalau kick starter keras jadi susah dong untuk menghidupkan motor nya. Nah, berikut ini akan kita bahas cara memperbaiki engkol motor berat.

Penyebab Engkol Motor Matik Dan Bebek Keras

Ada beberapa penyebeab terjadinya engkol motor keras atau berat dan penyebabnya adalah sebagai berikut.

  • Pada motor matic biasanya penyebabnya adalah engkol motor jarang sekali di gunakan karena selalu menggunakan elektrik starter, sehingga komponen komponen pada kick starter mengalami korosif atau karatan.
  • CVT yang jarang di buka sehingga per stoper dan juga gir primer engkol jadi kehabisan pelumas.

Sedangkan pada motor bebek penyebabnya adalah sebagai berikut.

  • Jarang menggunakan kick starter dan selalu menggunakan elektrik starter pada untuk menghidupkan motor sehingga per starter menjadi hilang daya pegasnya dan ini lah penyeban kenapa engkol motor keras.
Baca Juga :  Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Piringan Cakram Atau Benda Berbahan Besi

Setelah mengetahui penyebab engkol motor terasa keras atau kick starter terasa berat maka selanjutnya akan kita bahas cara memperbaiki engkol motor keras pada jenis bebek dan matic.

Trik Mengatasi Engkol Motor Keras

Tahapan ini kami rasa sangat mudah untuk di praktikan sendiri di rumah dan yang pertama kita akan membahas cara mengatasi engkol motor berat pada motor matic.

  • Mengatasi engkol terasa keras pada motor matic

Seperti pada pembahasan penyebab engkol terasa keras di atas kita akan membongkar box CVT motor matic.

Engkol Motor Keras

  1. Lepas CVT dan bersihkan menggunakan bensin pada bagian penghubung gir, bersihkan dengan di sikat lalu setelah itu di semprot pakai kompresor. Kalau tidak punya bisa dengan pompa manual.
  2. Untuk melenturkan per stoper bisa sobat lumasi dengan oli tapi sebelumnya bersihkan dulu dengan bensin, pertalite atau pertamax.
  3. Pada penghubung gir engkol bersihkan dengan menggunakan bensin atau sejenisnya lalu sapu dengan kuas, fungsinya untuk melunturkan karat karat yang ada di gir engkol.
  4. rakit kembali dengan memasang beberapa baut saja dan coba gerakan engkol naik turun biala engkol masih keras maka bersihkan lagi semua komponen di atas dengan bensin atau sejenisnya lalu lumasi dengan oli dan setelah itu rakit kembali.
  5. Selesai, engkol motor akan kembali normal.
Baca Juga :  Poros Engkol: Fungsi dan Komponennya
  • Mengatasi engkol terasa keras pada motor Bebek

Engkol Motor Keras

Pada motor bebek pun juga sering terjadi masalah engkol motor berat walaupun per engkol selalu terlumasi dengan oli namun jarang di gerakkan atau di engkol. Nah, berikut ini cara mengatasi engkol keras pada motor bebek. Hal hal yang perlu sobat lakukan adalah sebagai berikut.

 

  • Lepas bak kanan mesin lalu copot per engkol dari tempanya setelah itu rendam per engkol dengan larutan bensin, tiner atau sejenisnya diamkan beberapa jam supaya per bisa lemas.
  • Setelah proses perendaman selesai maka selanjutnya bisa sobat rakit kembali, setelah itu coba engkol motor sobat.

Di kebanyakan kasus cara ini sering sekali berhasil namun bila tidak berhasil  mungkin per engkol sudah kehilangan daya pegasnya secara total dan mau tidak mau sobat harus mengganti per engkol dengan yang baru.

Baca Juga :  Jenis Karburator Racing Terbaik Untuk Harian Atau Balap

Ok sobat sepertinya itu saja tips dan trik yang dapat kami bagikan kali ini, semoga ada manfaatnya terimakasih dan maju terus dunia otomotif tanah air.

 

Biar Fikiran Fress Lihat Foto Motor Modifikasi Aja !

Bagikan