[Tips Praktis] Cara Menggulung Spul Lampu Dan CDI Motor

[Tips Praktis] Cara Menggulung Spul Lampu Dan CDI Motor – Hallo sobat duniamotor.net kembali lagi kami akan berbagi tips seputaran otomotif dan tema kita kali ini akan membahas bagaimana cara menggulung spul motor yang sudah rusak supaya berfungsi kembali.

Cara Menggulung Spul Lampu Dan CDI Motor

Nah, untuk sobat yang mengalami trobel atau masalah pada bagian spul motor seperti spul motor yang terbakar atau spul mati maka ada baiknya memperhatikan setiap lilitan spul mulai dari jumlah lilitan spul cdi atau jumlah lilitan spul lampu karena kita akan membongkar lilitan tersebut dan di di ganti dengan kawat atau lilitan baru agar spul kembali berfungsi.

Selain jumlah lilitan spul lampu dan cdi perhatikan pula arah lilitan spul lampu dan arah lilitan spul cdi dan pada tahapan ini darus sangat di perhatikan bila perlu di catat biar tidak lupa. Cara gulung spul motor sebenarnya susah susah gampang tergantung dari kesabaran sobat masing masing, bila sobat ingin menghasilkan spul yang baik maka harus sabar dan untuk itu sobat harus menyediakan waktu sehari karena proses menggulung spul memang sedikit ribet. Dan berikut ini Tips Cara Menggulung Spul Lampu Dan CDI Motor.

Baca Juga :  Fungsi Spul dan Arti Warna Kabel Bodi Motor

Cara Menggulung Spul Lampu Dan Cdi Motor Dengan Benar

Untuk cara menggulung spul lampu dan cdi motor sobat siapkan alat alat dan bahan untuk menggulung spul lampu motor berikut :

  • Kawat email [ usahakan seukuran dengan kawat asli, bisa juga menggunakan ukuran lebih besar namun akan lebih sulit dalam hitung hitungannya nanti, lebih disarankan untuk mengganti dengan kawat seukuran ].
  • Multimeter
  • Soldier plus tinol.
  • Sirlak.
  • Wadah tinta pulpen.

Untuk cara menggulung spul cdi dan spul lampu motor ikuti langkah berikut ini.

  • Lepas lilitan kawat email pada kern spul, perhatikan arah lilitan dan juga jumlah lilitan kawat spul. Bila perlu di catat supaya tidak lupa.
  • Setelah selesai melepas kawat dari kern maka lilitkan kawat baru ke kern spul motor hingga penuh supaya mudah dan bisa kencang dan rapat gunakan wadah tinta pulpen untuk menarik dan menggulung spul caranya tinggal masukan kawat ke lubang tinta pulpen tersebut. Semakin banyak jumlah lilitan maka semakin baik pula arus yang dihasilkan cuma lebih disarankan untuk sama dengan jumlah lilitan asli.
  • Setelah selesai proses penggulungan selanjutnya adalah proses pensolderan, untuk langkah ini lebih baik di akhirkan setelah proses pengetesan arus spul.
Baca Juga :  Cek Kesehatan Dan Cara Memperbaiki CDI Motor

Selanjutnya dalam proses cara menggulung spul lampu dan cdi motor adalah proses pengetesan untuk melihat apakah hasil lilitan kita berhasil atau tidak. Untuk cara pengetesan spul motor maka perhatikan hal hal berikut.

Cara Pengetesan Spul Motor

Dalam proses cara pengetesan spul motor maka perhatikan hal hal berikut.

  • Gunakan multimeter untuk mengukur kawat email di masa atau body, jika pada multimeter tidak menunjukan hubungan bisa di tandai dengan jarum multimeter tidak bergerak maka hasilnya bagus.
  • Mengukur ujung kawat satu dengan ujung satunya, pada proses ini apabila multimeter bergerak atau menunjukan hubungan maka bisa dikatakan sobat berhasil dalam proses penggulungan spul.
Baca Juga :  cara mudah membaca atau menghitung multimeter

dan terakhir setelah dirasa gulungan berhasil maka soldier setiap ujung kawat ke bidi kren, biasanya terdapat beberapa titik untuk pensolderan.

Setelah itu lapisi dengan sirlak semprot, ingat sirlak semprot karena untuk sirlak cair kita harus membeli 1 liter tidak bisa di ecer. Ok demikian sobat semua semoga bermanfaat dan membantu.

Lihat Gambar Modifikasi Lampu Dengan relay

Bagikan