Penyebab Dan Cara Mengatasi Aki Sering Tekor

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aki Sering Tekor – Hallo sobat duniamotor.net kembali lagi dengan kami akan berbagi tips dan trik otomotif dan pada kali ini kita akan mengulas tentang penyebab aki cepat tekot dan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aki Sering Tekor

Kegunaan aki pada sepeda motor memang sangat berpengaruh penting sekali terhadap beberapa komponen seperti elektrik starter, lampu sein, lampu spedo meter, panel bensin dan lainlain yang masih membutuhkan tenaga aki dalam pengoperasiannya. Namun bila aki drop maka panel panel dan  komponen yang sudah disebutkan tadi menjadi tidak berfungsi, penyebab aki motor cepat drop adalah permasalahan klasic yang sering di alami motor motor yang sudah berumur 6 tahun lebih dan itu karena beberapa faktor penyebab.

lalu bagaimana cara memperbaiki aki yang tekor ? nah nanti akan kita bahas satu persatu mulai dari penyebab da cara memperbaiki aki kering dan basah yang tekor, nah untuk sobat yang sudah penasaran apa sih penyebab aki sering tekor kok mari langsung saja kita mulai membahas Penyebab Dan Cara Mengatasi Aki Sering Tekor.

Penyebab Aki Motor Tekor

Penyebab dari aki motor tekor banyak sekali tapi ada 2 komponen yang berpengaruh besar terhadap kondisi aki yaitu :

Pertama, Spul pengisian

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aki Sering Tekor

Komponen ini berupa lilitan kawat email yang fungsinya membuat arus listrik yang kemudian di terima oleh kiprok, apabila komponen spul motor mengalami masalah maka bisa di pastikan aki akan mengalami low charger sehingga aki menjadi tekor.

Baca Juga :  Cara Memilih Spare Part Motor Yang Benar Dan Tepat

Kedua, Kiprok

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aki Sering Tekor

Komponen satu ini menjadi bagian komponen penting setelah spul karena dari kiprok ini lah arus listrik yang di buat di spull akan di stabilkan lalu akan mesuk mengisi aki, bila kiprok sudah tidak mampu menahan arus balik dari aki maka bisa dipastikan kiprok rusak dan akibat dari kerusakan kiprok akan berimbas pada aki motor yang akan kehabisan muatan listrik. Apabila hal itu terjadi maka aki bisa tekor.[Baca juga :Fungsi dari Kiprok]

Cara Mengatasi Aki Motor Tekor

Setelah kita mengetahui penyebab aki motor tekor sekarang kita akan membahas cara memperbaiki aki motor tekor.

Pertama, Gulung ulang atau ganti spul baru

Ada dua alternatif cara yang pertama mengganti spul motor atau menggulung ulang spul motor. Keduanya sama sama mengeluarkan biaya namun yang lebih hemat biaya adalah dengan menggulung ulang spul, perlu di perhatikan saat melakukan penggulungan adalah jenis kawat. Gunakan jenis kawat email yang sesuai dan berkualitas supaya lebih mudah saat hitung hitungan nantinya.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Sel Aki Yang Rusak

Kedua Mengganti Kiprok

Masalah pada kiprok tidak bisa di akal bro, lebih baik di ganti saja agar aki bisa awet. Harga dari kiprok sendiri terbilang terjangkau dibandingkan bila kita harus membeli aki.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Kering 12 Volt

Ok demikian tadi ulasan Penyebab Dan Cara Mengatasi Aki Sering Tekor semoga bermanfaat.

Bagikan