Cara Setel Oli Samping Motor Ninja 150 [Tips Dan Trik]

Cara Setel Oli Samping Motor Ninja 150 [Tips Dan Trik] – Salam seger waras sobat duniamotor.net semua, bagaimana kabar sobat hari ini ? semoga dalam keadaan sehat semua, nah kali ini kita akan berbagi tips and trik seputaran otomotif dan tema pembahas kita kali ini adalah cara setel oli samping kawasaki ninja 150.

Setel Oli Samping Motor Ninja 150

Untuk sobat yang doyan kebut kebutan pakai motor ninja mungkin cara setel oli samping motor ninja 150 ini bisa sobat terapkan atau praktikan agar kondisi mesin selalu dalam kondisi prima. Setelan oli samping ninja terdiri dari 3 tipe, tipe pertama adalah setelan irit, kedua standar, ketiga boros tinggal sobat pilih yang mana tergantung dari tipe pemakaian sobat semua. Sebenarnya cara setel oli samping motor ninja 150 ini terbilang susah susah gampang dan semoga setelah kami membagikan tips and trik berikut ini bisa mempermudah sobat dalam melakukan penyetelan.

Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang cata setel oli samping motor ninja 150 ada baiknya sobat mengajak satu teman karena cara menyetel oli samping motor ninja ini akan sangat sulit ketika dilakukan sendiri. Ok langsung saja kita bahas cara setel oli samping motor ninja 150.

Baca Juga :  Harga Dan Jenis Tromol Motor Variasi Terbaru Paling Keren

Trik Setel Oli Samping Kawasaki Ninja 150

Buat sobat yang belum tahu cara setel oli samping motor ninja berikut ini tips dan trik cara setel oli samping kawasaki ninja 150 , check this out bro.

  • Buka fairing kiri kawasaki ninja sobat semua, untuk mempermudah pekerjaan (buat ninja RR). Gunakan obeng plus untuk membukanya, total ada 7 skrup lihat gambar di bawah ini.

Setel Oli Samping Motor Ninja 150

  • Buka cover gear bagian depan yang terletak di mesin kawasaki ninja sobat pada bagian sebelah kiri gunakan kunci 8 untuk membukanya. Jumlahnya ada 3 buah skrup lihat gambar berikut ini.

Setel Oli Samping Motor Ninja 150

  • Sekarang sudah kelihatan kan gear depannya bro ? setelah itu buka dust cover di bagian dalamnya menggunakan obeng plus. jumlahnya ada 2 skrup di situ. Kalau susah bukanya, gunakan obeng ketok lihat gambar berikut biar lebih jelas.

Setel Oli Samping Motor Ninja 150

Setelah dust cover dibuka, di bagian dalamnya ada yang namanya mekanisme pompa oli lihat gambar berikut.

Perhatikan dengan baik posisi B & C. Di situ terdapat garis. Posisi garis saat grip gas kita putar habis alias di gas pol dalam kondisi mesin yang mati :

  • posisi B sama dengan C ( segaris atau sejajar ) menandakan setelan masih standar.
  • posisi B dibawah C itu berarti boros. Bila B Semakin ke bawah, maka semakin boros pula.
  • posisi B diatas C berarti irit ini tidak direkomendasikan. terlalu irit takutnya malah akan membuat piston menjadi baret.

Berikut ini Langkah Menyetel Oli Samping Motor Ninja 150.

Cara Setel Oli samping Ninja 150

  • Matikan mesin motor.
  • Putar gas sampai habis ( gas pol ). Minta bantuan temen untuk memutar grip gas sambil kita menyetel oli samping motor.
  • Kendurkan skrup pengunci setelan (lihat huruf D pada gambar) ke arah kiri pakai kunci 10.
  • Setel oli samping dengan memutar skrup bagian A pake kunci 10. Bila memutar searah jarum jam hasilnya akan irit dansebaliknya bila berlawanan dengan arah jarum jam maka akan boros. Lihat posisi garis B & C seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Setelah sobat selesai nyetel skrup tersebut jangan lupa untuk mengencangkan skrup pengunci D ya.
  • Kalau sudah selesai kembalikan lagi seperti semula dengan cara kebalikan langkah langkah yang diatas tadi.

Sedikit tips dalam penyetelan oli samping kawasaki ninja !

Sebaiknya untuk Ninja standar menggunakan stelan yang standar saja, kecuali kalau motor masih kondisi baru baru. Motor kawasaki Ninja yang masih baru oli sampingnya akan disetel boros karena kondisi piston yang masih baru yang membutuhkan pelumasan lebih. Kalau masa in rijden sudah selesai kira-kira sudah mencapai jarak tempuh 5.500 km kembalikan lagi ke posisi standar. Buat sobat yang sudah ganti knalpot standar dengan knalpotc racing, sesuaikan saja kebutuhan oli sampingnya dengan menaikan PJ/MJ nya. Naiknya PJ/MJ selain bisa menuntut agar konsumsi bensin yg lebih boros, juga menuntut oli samping yang lebih boros juga. Paling tidak selama 3 bulan sekali setelan oli samping dicek ulang ditakutkan kalau setelan berubah sendiri karena getaran mesin atau skrup pengunci yang kendor.

Baca Juga :  Kawasaki Ninja 300 Dan 400 R Terbaru

Jagan menyetel irit terutama untuk sobat yang hobi kebut kebutan, jangan juga menyetel terlalu boros karena terlalu boros akan membuat oli samping tidak kebakar secara sempurna dan hanya akan menjadi kerak dan bisa bikin kotor mesin lebih parahnya akan membuat supr KIPS macet.

Gimana cara oli boros atau tidak ? Cek bagian busi, kalau busi basah karena oli berarti oli samping terlalu boros bro dan k juga kalau asap dari knalpot berlebihan pada saat mesin sudah panas, berarti terlalu boros. Tapi kalau asap keluar saat manasin mesin itu merupakan hal yang wajar. Gunakan oli samping minimal jenis semi sintetik, minimal pakai jenis API TC atau JASO FC ISO L-EGD.

Lihat Foto Modifikasi Motor Ninja Aja Dulu Bro !!

Modifkasi Kawasaki Ninja Bikin Keki

Bagikan