Tips Cara Cat Ulang Motor Agar Hasilnya Maksimal

Tips Cara Cat Ulang Motor Agar Hasilnya MaksimalDuniamotor.net – Berbicara mengecat motor memang sangat mengasikan karena kita akan bermain dengan warna warna yang kita sukai, tapi ada hal hal yang perlu di perhatikan dalam proses pengecatan motor. Nah piye kabare arek arek duniamotor.net semuanya salam seger waras untuk anda bro dan sis penggemar roda dua, pada kesempatan kali ini duniamotor akan berbagi tips tips cara cat ulang motor yang baik dan benar agar hasilnya maksimal.

Tips Cara Cat Ulang Motor Agar Hasilnya Maksimal

duniamotor.net : warna cat paling keren

 

Untuk bro sis yang hobi dengan kendaraan bermotor pasti bosan dengan warna motor nya, terutama kalau body motor sudah njebluuk alias warna cat motor nya sudah mulai pudar. Nah, agar warna cat body motor kembali menarik maka kita harus mengecat ulang body motor kita pastinya, namun untuk yang masih bingung bagaimana cara mengecat motor yang baik dan benar agar hasilnya bisa sempurna dan tahan lama maka bro sis perlu memperhatikan tips cara cat ulang motor yang akan duniamotor bagikan pada kali ini.

Sebelumnya kalau bro sis baru pertama kali mengecat motor harus sering sering baca dan bertanya terlebih dahulu tentang tips cara cat ulang motor agar dalam proses pengecatan motor tidak terjadi kesalahan yang hanya akan mebuang buang waktu dan juga uang bro sis semuanya. Memang untuk tips cara cat ulang motor itu gampang gampang susah karena kita harus bersabar terutama kalau pas musim hujan bro sis, kalau kita serahkan ke tukang cat sih ga peduli hujan badai karena mereka para pakar cat menggunakan oven dalam proses pengecatan motor mereka. Sedangkan kita yang ingin mendapatkan hasil karya sendiri dengan mengecat motor secara sendiri harus mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkan hasil cat catan kita, ya maklum lah kurang modal reek. Wis langsung saja kita proses lebih lanjut tips cara cat ulang motor.

Baca Juga :  Cara Poles Dengan Mesin Hasil Kinclong

Proses Mengecat Body Motor Yang Baik Dan Benar

Tips Cara Cat Ulang Motor Agar Hasilnya Maksimal

duniamotor.net : Tips Cara Cat Ulang Motor Agar Hasilnya Maksimal

Setelah panjang lebar di jelaskan tips cara cat ulang motor di atas langkah selanjutnya adalah proses mengecat body motor, seperti ada dan bagaimana serta apa saja yang harus di siapkan dalam proses pengecatan body motor yang baik dan benar ? mari kita ulas.

Alat Alat Yang Di Butuhkan Untuk Mengacat Motor

  • Cat ( cat warna, poxy, cat clear).
  • Tinner ( merk cobra warna kalengnya hitam. ND nya bagus untuk cat biar cepat kering )
  • Amplas ukuran 400, 600, 1000 dan 2000.
  • Kompresor.

Cara Cat Ulang Motor

  • Amplas dulu permukaan bidang motor yang akan di cat, untuk body yang memiliki tekstur tidak rata maka gunakan amplas 400 untuk meratakannya, setelah itu haluskan dengan amplas 600 dan 1000 sebagai finishing meratakan permukaan bidang.
  • Cuci bersih bidang yang akan di cat agar tidak ada kotoran dalam proses tips cara cat ulang motor kali ini tunggu sampai kering.
  • Tips cara cat ulang motor berikutnya adalah pelapisan awal dengan poxy, disini campur poxy dengan tiner agar encer karena hanya untuk dasaran cat motor, tunggu sampai poxy kering kemudian aduk poxy kembali dengan porsi agak sedikit kental karena proses akhir pelapisan awal cat motor.
  • Selanjutnya tips cara cat ulang motor adalah proses inti pemberian warna cat motor, sebelumnya pastikan poxy benar benar kering baru bisa lanjut. Untuk sentuhan warna cat sama halnya dengan proses poxy diatas yakni untuk setelah awal di bikin agak encer ingat ” agak encer “ lalu cat kembali setelah cat kering sebanyak 8 – 10 kali ( lho kok banyak amat ) nanti akan ketemu sendiri jaawabannya.
  • Tips cara cat ulang motor selanjutnya setelah proses pengecatan adalah pengamplasan cat, kenapa di amplas agar saat di timpah cat clear hasil cat nya bisa seperti ada kacanya alias kinclong, disini gunakan amplas 100o dan 2000. Saat pengamplasan selalu basahi dengan air supaya hasil amplas bisa maksimal, disini sebenarnya kita sudah bisa tahu kalau amplasan rata apa belum dengan mengalirkan air ke bidang yang di amplas bila bidang terlihat air terbelah belah maka belum rata, agar hasil cat clear masksimal maka pastikan bidang benar benar rata. ( kurang lebih kalau bidang kita basahi dengan air dan tidak membentuk bulir jeruk pada permukaannya bisa di pastikan hasil cat clear nya akan kinclong, TERBUKTI !! )
  • Tips cara cat ulang motor sealanjutnya adalah penge-clear-an motor, dalam menggunakan clear semakin kental akan semakin bagus hasilnya, namun untuk yang belum mahir sebaiknya agak encer dahulu terus agak di kental kan. Kalau memaksa langsung adukan kental hati hati cat clear akan mudah luntur dan merusak cat warna bidang. ( Hati hati bro ) dalam pen clear an motor bisa di cat sebanyak mungkin biar clear semakin tebal dan cat warna bisa terlihat seperti di dalam kaca.
  • Tips cara cat ulang motor berikutnya setelah proses clear adalah penggosokan dengan kit dan sejenisnya supaya cat bisa terlihat lebih bersih dan konclong clong clong. Lumasi bidang yang sudah di cat dengan kit atau sejenisnya lalu tunggu sebentar sampai agak kering setelah itu gosok dengan kain halus agar tidak baret cat nya. Dan selesai sudah proses pengecatan motor kita.
Baca Juga :  Cara Poles Mesin Motor Manual

Hal Penting Dalam Cara Cat Ulang Motor

Tips Cara Cat Ulang Motor Agar Hasilnya Maksimal

duniamotor.net : Tips Cara Cat Ulang Motor Agar Hasilnya Maksimal

Dalam tips cara cat ulang motor perlu di perhatikan sebagai berikut.

  • Jangan mengecat saat mendung ( kalau pakai oven si cuaca ga ngaruuh jhooon ).
  • Jauhkan dari debu.
  • Usahakan jangan ada serangga yang menempel saat proses pengecatan maupun pengeringan cat.
  • Jauhkan dari jangkauan anak anak jail. hehehe
  • Bersabar menunggu catnya kering bro sis.

Ok, bro sis arek arek duniamotor.net semua demikian tadi tips cara cat ulang motor yang dapat saya bagikan berdasarkan pengalaman para suhu master tukang cat mobil motor, semoga bisa bermanfaat dan membantu.

 

Lihat Modifikasi Motor Aja Dulu Bro !!

Modifikasi Motor Paling Keren

Bagikan