safety riding itu penting

safety riding

safety riding | adalah keselamatan berkendara|keselamatan berkendara itu sangat penting karena kita sebagai pengemudi sepeda motor tidak ingin terjadi hal hal yang tidak di inginkan saat menaiki sepeda motor.apalagi yang suka bepergian jauh.

utamakan keselamatan dirimu saat menaiki sepeda motor,jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas.tetap patuhi peraturan berlalu lintas untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara

berikut ini tips safety riding yang wajib untuk para pengendara sepeda motor.

1.pastikan kendaraan dalam kondisi siap jalan

periksa kondisi sepeda motor kita sebelum di ajak jalan,seperti lampu,sein,ban,spion dan semua komponen motor dalam performa yang baik.

2.pastikan kedua kaki memijak footstep

untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berkendara kedua kaki kita harus memijak footstep dengan benar,karena fungsi footstep adalah sebagai pijakan pengendara,jangan memijakan kaki pada sisi atas mesin karena bisa berakibat fatal nantinya.

3.gunakan helm full face standar nasional

untuk menjaga kepala kita apabila terjadi benturan gunakan helm yang berstandar SNI,ini merupakan bagian penting dalam bersafety riding dan jadilah pengemudi yang bijak dalam berkendara.

4.gunakan jaket lengan panjang

saat berkendara pastikan kita menggunakan jaket untuk berlindungan tubuh dari angin yang menerpa badan dan juga teriknya matahari.

5.gunakan celana panjang

hampir sama fungsi dari menggunakan jaket,celana panjang juga dapat melindungi kaki dari angin dan juga sinar matahari.

6.gunakan sarung tangan

sarung tangan yang berfungsi melindungi tangan dari angin dan teriknya matahari membuat berkendara semakin aman dan nyaman.

7.gunakan sepatu

sepatu merupakan komponen penting saat berkendara untuk melindungi kaki dari panas mesin dan juga dari cuaca.

8.jangan bermain hp saat mengemudi

bermain hp saat berkendara beresiko besar terjadi kecelakaan,jadi gunakan headset saat berkendara atau berhenti sejenak apabila telpon atau hp berbunyi.

9.berhenti jika lelah/mengantuk

jangan paksakan diri untuk terus jalan apabila tubuh terasa lelah atau mengantuk karena salah satu penyebab terbesar kecelakaan berlalu lintas adalah mengantuk.

pastikan diri kita selamat sampai tujuan karena keselamatan itu penting,dan jangan lupa patuhi tata tertip berlalu lintas demi kenyamanan bersama.jadilah pelopor keselamatan untuk semua orang,di mulai dari diri kita terlebih dahulu.terimakasih dan salam otomotif.

Bagikan