jenis jenis resistor dan fungsinya

jenis resistor dan fungsinya|berikut ini kita mengenal sedikit tentang dunia elektronika,namun hanya sebagian kecil saja yang kita pelajari disini,oke langsung saja kita bahas.

resistor dan fungsinya

sering kita menjumpai istilah resistor pada komponen elektronik.dan pada setiap komponen elektronik sudah bisa dipastikan menggunakan komponen yang satu ini.fungsi umum dari resistor ialah mambatasi arus listrik dan juga mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian elektronik.dalam ilmu elektronik resistor dapat di lambangkan dengan huruf,yaitu huruf ( R ).dengan satuan hambatan menggunakan ukuran OHM.

macam macam resistor

resistor sendiri dapat di kelompokan kedalam bebebrapa nama kelompok diantaranya adalah variable resistor,ldr,thermistor dan juga fixed resistor.

mari kita bahas satu persatu agar lebih faham.

1.variable resistor

resistor dan fungsinya

tipe resistor yang satu ini mempunyai ciri nilai resistansinya dapat berubah dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan.variable resistor sendiri terbagi menjadi 3 bagian.diantaranya adalah :

a.potensioner.
b.trimpot.
c.rheostat

lantas apa yang di maksud dari pada ketiga bagian variable resistor di atas.simak penjelasannya berikut.

a.potensioner.

potensioner adalah komponen jenis variable resistior yang resistensinya dapat di sesuaikan dengan memutar tuas pada potensioner.

b.trimpot

trimpot atau bahasa elektroniknya adalah trimmer potensiometer mempunyai fungsi sama seperti potensiometer hanya saja ukurannya saja yang lebih kecil bila dibandingkan dengan potensiometer dan juga trimpot tidak memiliki tuas untuk mengatur nilai potensinya tapi untuk mengatur nilai resistensi dari trimpot bisa menggunakan bantuan alat seperti obeng untuk memutar poros yang terdapat pada trimpot ini.

c.rheostat

reostatsendiri adalah jenis variable resistor yang bekerja pada tegangan dan arus yang tinggi,rheostat sendiri merupakan komponen elektronik yang terbuat dari lilitan kawat resistif dan untuk mengatur nilai resistensi nya adalah dengan penyapu yang dapat bergerak pada bagian atas toroid.

2.light dependent resistor (LDR)

jenis jenis resistor dan fungsinya

LDR disini bukan long distance releationship ya,tapi light dependent coefficient yang merupakan jenis resistor yang dimana nilai dari resistensinya sangat di pengaruhi oleh cayaha yang di terimanya.

3.thermistor

jenis jenis resistor dan fungsinya

termistor atau thermal resistor adalah tipe komponen elektronik yang nilai dari resistensinya dapat di pengaruhi oleh suhu.ada dua tipe pada thermal resistor,yaitu :

a.negative temperature coefficient (NTC)
b.positive temperature coefficient (PTC)

4.fixed resistor

dari namanya saja sudah bisa di simpulkan bahwasannya fixed resistor adalah jenis resistor yang nilai untuk resistensinya adalah tetap atau tidak bisa di ubah.pada kebanyakan komponen fixed resistor biasanya bertanda kode,baik itu kode angka maupun kode warna.

bila di lihat dari bahan dan juga komposisi bahan untuk pembuatan resistor jenis ini ada 3 jenis,ketiga jenis itu adalah.

a.metal film resistor
b.carbon film resistor
c.carbon composition resistor

perlu sahabat semua ketahui bahwasannya fungsi dari kesemua jenis resistor di atas adalah sebagai Penurun Tegangan listrik,Pembatas Arus listrik Pengatur Arus listrik,Pembagi Tegangan listrik.

baik bagaimana sahabat sudah tahu kan apa itu resistor dan jenisnya serta fungsi resistor itu sendiri.ada kalanya kita memang harus sedikit tahu tentang dunia elektronika karena di zaman ini manusia tidak terlepas dari yang namanya elektronik.

oke sekian dulu pemaparan mengenai ” jenis jenis resistor dan fungsinya” semoga apa yang di sampaikan di atas dapat membantu dan tentunya dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Bagikan