Cara Membuat Ground Strap Koil Motor Untuk Memperbesar Pengapian

Cara Membuat Ground Strap Koil Motor Untuk Memperbesar Pengapian – Sobat duniamotor.net kembali lagi kami akan berbagi tips and trik seputaran  pengapian pada motor dan tema kita kali ini adalah cara memperbesar pengapian motor dengan teknik ground strap dan cara ini sudah terbukti ampuh.

Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor

Sebenarnya merakit ground strap ini sudah saya praktikan dulu sewaktu masih mainan motor semasa kuliah, dari perbincangan saya dengan brother brother di club motor terlintas kata kata cara ground starp ini lalu keesokan harinya langsung saya praktikan dan memamng terbukti kalau cara ground strap ini mampu memperbesar arus listrik dari koil ke busi.

Ground strap sendiri adalah cara memperbesar pengapian motor dengan melilitkan kawat email ke seluruh/sebagian panjang kabel koil. Dan dari lilitan tersebut bisa memperkecil arus liar yang terbuang sehingga terkumupul kembali melalui out put kabel koil.

Ok ga usah berlama lama langsung aja kita bahas cara memperbesar pengapian motor dengan teknik ground star.

Cara Membuat Ground Strap Pada Motor

Nah, sobat semua perlu menyediakan beberapa peralatan sebelum melakukan Cara Membuat Ground Strap, dan apa saja perlengkapannya ? berikut ini daftarnya.
  • koil motor sobat semua
  • kawat email (tembaga) kurang lebih 3-4 meeter
  • klam ground (baiknya gunakan klam aki karena lebih kuat)
  • selang
  • isolatif
  • pemotong (gunting)
Baca Juga :  Spare Part Standar Untuk Menambah Performa Motor

Langkah Merakit Ground Strap Pada Koil

Setelah semua bahan untuk ground strap lengkap maka selanjutnya adalah proses perakitan ground strap untuk langkah langkah nya adalah sebagai berikut.
Lilitkan kawat email (tembaga) ke koil motor
Untuk cara memperbesar pengapian motor dengan teknik ground strap ini ialah dengan melilitkan kawat email/tembaga ke seluruh panjang kabel koill yang mennuju ke out put koil atau kabel yang menuju ke busi motor.
Disini yang perlu di perhatikan adalah kerapatan dari lilitan kawat email/tembaga, semakin rapat maka hasilnya akan semakin bagus sekali karena arus liar yang terbuang akan di maksimalkan oleh kawat email/tembaga tersebut, setelah lilitan dirasa cukup maka isolasi kawat pada ujung kabel koil yang menuju ke busi dan untuk kawat email/tembaga yang berada pada ujung sisi sebelahnya pasangkan klam ground lalu tempelkan pada
Untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat pada gambar berikut ini.
Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor
Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor
Bungkus lillitan ground strap
 
Setelah proses pelilitan koil dengan kawat tembaga selesai maka bungkus lilitan dengan selang,untuk selang nya sendiri harus di belah terlebih dahulu supaya mudah dalam pemasangan pada kabel lilitan ground strap tadi dan setelah itu tutup semua selang yang sudah terpasang dengan isolatif.untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.
Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor
Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor
Baca Juga :  Jalur Kelistrikan Suzuki Satria FU 150 ( Lengkap )
Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor
Pemasangan ground strap pada motor
Setelah semuanya selesai kini tinggal proses pemasangan ground strap pada motor,untuk proses ini sambungkan/gabungkan klam yang terdapat pada kawat email tadi ke ground koil dan setelah itu selesai pemasangan groud strap pada motor, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut ini.
Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor
Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor
Baca Juga :  Cara Mudah Mengatasi Karet Bosh Roda Goyang Atau Oblak
Kelebihan Ground Strap Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor
Setelah semuanya selesai maka hasil api dari koil akan berubah 100 % lebih besar, disini perlu dipehatikan adalah setelah semuanya selesai periksa apakan kabel lilitan tadi terjadi kebocoran arus listrik.
Caranya dekatkan kabel koil yang terlilit kawat dengan besi ground, kalau tidak terjadi loncatan api maka Ground Strap Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor pun berhasil 100%.
Kelebihan dari teknik ground strap adalah konsumsi bahan bakar menjadi maksimal karena pengapian menjadi lebih besar. Tenaga motor pun akan bertambah karena proses pembakaran sempurna dengan lonjatan api busi yang menjadi bertambah besar.
Demikian tadi sedikit tips and trik kita pada tema ” Ground Strap Cara Ampuh Memperbesar Pengapian Motor ” semoga bermanfaat dan membantu sobat semua,terimakasih dan maju terus dunia otomotif tanah air.
Bagikan